Minggu, 28/04/2024 02:25 WIB

Korea Utara Dilaporkan Hadapi Krisis Pangan Buruk

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi daerah yang rusak akibat topan di Provinsi Hwanghae Selatan. ( KCNA via Reuters)

JAKARTA, Jurna.com - Korea Selatan mengatakan, krisis pangan di Korea Utara tampaknya telah memburuk, Korea Selatan mengatakan (15/2), setelah surat kabar Dong-A Ilbo melaporkan bahwa Korea Utara telah memotong jatah tentaranya untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

Korea Utara secara efektif telah mengakui kekurangan pangan yang serius, kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan, mengacu pada laporan media negara Korea Utara awal bulan ini tentang rencana pertemuan partai berkuasa yang "mendesak" di bidang pertanian.

"Situasi pangannya tampaknya telah memburuk," kata kementerian yang menangani hubungan dengan Korea Utara itu dalam sebuah pernyataan.

Korea Utara selama beberapa dekade terakhir mengalami kekurangan pangan yang serius, termasuk kelaparan pada 1990-an, seringkali akibat bencana alam seperti banjir yang merusak panen.

Negara yang terisolasi itu berada di bawah sanksi internasional yang ketat atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya dan dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan perbatasannya yang terbatas hampir terhenti oleh penguncian yang dilakukan sendiri untuk mencegah COVID-19.

Dong-A Ilbo mengatakan pada hari Rabu bahwa Korea Utara telah mengurangi jatah makanan harian untuk tentaranya untuk pertama kalinya sejak tahun 2000, mengutip seorang pejabat senior Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya.

Kementerian unifikasi mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi rincian laporan media tetapi sedang memantau situasi, bersama lembaga nasional lainnya.

Kantor berita negara Korea Utara, KCNA melaporkan pada 6 Februari bahwa Partai Buruh Korea telah mengadakan pertemuan Komite Sentral partai akhir bulan ini untuk "tugas yang sangat penting dan mendesak untuk menetapkan strategi yang tepat untuk pengembangan pertanian".

Kementerian unifikasi mengatakan jarang Korea Utara menyerukan pertemuan khusus semacam itu.

Bulan lalu, kelompok pemantau 38 North yang berbasis di Amerika Serikat (AS) mengatakan "ketersediaan pangan Korea Utara kemungkinan telah turun di bawah batas minimum sehubungan dengan kebutuhan manusia", dengan kerawanan pangan yang paling buruk sejak kelaparan tahun 1990-an.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Kwon Young-se mengatakan laporan media Korea Utara baru-baru ini tentang putri pemimpin Kim Jong Un, Ju Ae, yang muncul di acara kenegaraan dapat ditujukan untuk mempersatukan dan menopang kesetiaan kepada keluarga yang berkuasa di tengah kesengsaraan kemanusiaan yang semakin mendalam.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Krisis Pangan Buruk Korea Selatan Korea Utara Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :