Senin, 29/04/2024 08:34 WIB

Korban Tewas Gempa Dahsyat Turkiye-Suriah Tembus 41 Ribu Orang

Bencan tersebut juga merusak kota-kota di kedua negara, membuat banyak orang yang selamat kehilangan tempat tinggal di suhu musim dingin yang hampir membeku.

Orang-orang termasuk personel militer Rusia yang terlibat dalam operasi pencarian dan penyelamatan setelah gempa dahsyat di wilayah Latakia, Suriah, dalam gambar ini diambil dari rekaman selebaran yang dirilis pada 7 Februari 2023. (Foto: Handout via Reuters/Kementerian Pertahanan Rusia)

JAKARTA, Jurnas.com - Sembilan orang yang selamat diselamatkan pada Selasa (14/2) pascadelapan hari tertimbun puing-puing bangunan akibat gempa dahsyat yang melanda negara itu pekan lalu.

Sementara itu, jumlah korban tewas gempa dahsyat Türkiye dan negara tetangga Suriah melebihi 41.000. Bencan tersebut juga merusak kota-kota di kedua negara, membuat banyak orang yang selamat kehilangan tempat tinggal di suhu musim dingin yang hampir membeku.

Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan telah mengakui masalah dalam tanggapan awal terhadap gempa berkekuatan 7,8 yang melanda pada 6 Februari tetapi mengatakan situasinya sekarang terkendali.

"Kami menghadapi salah satu bencana alam terbesar tidak hanya di negara kami tetapi juga dalam sejarah kemanusiaan," kata Erdogan dalam pidato televisi di Ankara.

Mereka yang diselamatkan pada Selasa termasuk dua saudara laki-laki, berusia 17 dan 21 tahun, ditarik dari sebuah blok apartemen di provinsi Kahramanmaras, dan seorang pria dan wanita muda Suriah dengan kerudung macan tutul di Antakya diselamatkan setelah lebih dari 200 jam di reruntuhan.

Tetapi otoritas PBB mengatakan fase penyelamatan akan segera berakhir, dengan fokus beralih ke tempat berlindung, makanan, dan sekolah.

"Orang-orang sangat menderita. Kami mengajukan permohonan untuk menerima tenda, bantuan, atau semacamnya, tetapi sampai sekarang kami tidak menerima apa-apa," kata Hassan Saimoua, seorang pengungsi yang tinggal bersama keluarganya di sebuah taman bermain di kota tenggara Türkiye, Gaziantep.

Saimoua dan warga Suriah lainnya yang berlindung di Gaziantep dari perang di rumah tetapi kehilangan tempat tinggal akibat gempa menggunakan lembaran plastik, selimut, dan karton untuk mendirikan tenda darurat di taman bermain.

"Kebutuhan sangat besar, meningkat setiap jam," kata Hans Henri P Kluge, direktur Organisasi Kesehatan Dunia untuk Eropa. "Sekitar 26 juta orang di kedua negara membutuhkan bantuan kemanusiaan."

"Ada juga kekhawatiran yang berkembang atas masalah kesehatan yang muncul terkait dengan cuaca dingin, kebersihan dan sanitasi, dan penyebaran penyakit menular - dengan orang-orang yang rentan khususnya yang berisiko."

"Ayah, gempa susulan!"

Di sebuah rumah sakit lapangan Turki di selatan kota Iskenderun, Mayor Angkatan Darat India Beena Tiwari mengatakan pasien awalnya datang dengan luka fisik tetapi itu berubah.

"Sekarang lebih banyak pasien datang dengan gangguan stres pasca-trauma, mengikuti semua kejutan yang mereka alami selama gempa," katanya.

Keluarga di Türkiye dan Suriah mengatakan mereka dan anak-anak mereka menghadapi dampak psikologis dari gempa tersebut.

"Setiap kali dia lupa, dia mendengar suara keras dan kemudian mengingatnya lagi," kata Hassan Moaz tentang anaknya yang berusia 9 tahun di Aleppo, Suriah. "Saat dia tidur di malam hari dan mendengar suara, dia bangun dan memberitahuku: `Ayah, gempa susulan!`"

Konvoi pertama bantuan PBB memasuki Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak dari Türkiye melalui penyeberangan Bab al-Salam yang baru dibuka.

Presiden Suriah Bashar al-Assad setuju pada hari Senin untuk mengizinkan bantuan PBB masuk dari Türkiye melalui dua penyeberangan perbatasan lagi, menandai pergeseran ke Damaskus yang telah lama menentang pengiriman bantuan lintas batas ke kantong pemberontak.

Hampir 9 juta orang di Suriah terkena dampak gempa, kata PBB, saat meluncurkan permohonan dana US$400 juta.

Pencarian korban selamat akan berakhir di barat laut Suriah, kata kepala kelompok penyelamat utama Helm Putih, Raed al Saleh. Rusia juga mengatakan sedang menyelesaikan pekerjaan pencarian dan penyelamatannya di Türkiye dan Suriah dan bersiap untuk mundur.

Korban Turki adalah 35.3418 tewas, kata Erdogan. Lebih dari 5.814 orang tewas di Suriah, menurut penghitungan Reuters dari laporan media pemerintah Suriah dan badan PBB.

Para penyintas bergabung dalam eksodus massal dari zona yang dilanda gempa, meninggalkan rumah mereka dan tidak yakin apakah mereka bisa kembali.

"Ini sangat sulit Kami akan mulai dari nol, tanpa harta benda, tanpa pekerjaan," kata Hamza Bekry, 22 tahun, warga Suriah asal Idlib yang telah tinggal di Antakya, di Türkiye selatan, selama 12 tahun tetapi bersiap-siap. untuk mengikuti keluarganya ke Isparta di Türkiye selatan.

Lebih dari 2,2 juta orang telah meninggalkan daerah yang paling parah, kata Erdogan, dan ratusan ribu bangunan menjadi tidak dapat dihuni.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Gempa Bumi Turkiye Suriah Korban Jiwa Bayi Baru Lahir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :