Selasa, 30/04/2024 07:06 WIB

Jet tempur AS Tembak Jatuh Objek Segi Delapan di Dekat Perbatasan Kanada

Itu adalah benda terbang keempat yang ditembak jatuh di atas Amerika Utara oleh rudal AS dalam waktu lebih dari seminggu.

Jet tempur F-16 Angkatan Udara AS lepas landas dari pangkalan udara selama CRUZEX, latihan udara multinasional yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Brasil, di Natal, Brasil pada 21 November 2018. (File foto: Reuters/Paulo Whitaker)

JAKARTA, Jurnas.com -  Pentagon mengatakan, jet tempur militer Amerika Serikat (AS) menembak jatuh objek segi delapan di atas Danau Huron, insiden terbaru seperti itu sejak balon pengintai China yang dicurigai membuat pasukan keamanan Amerika Utara dalam siaga tinggi.

Itu adalah benda terbang keempat yang ditembak jatuh di atas Amerika Utara oleh rudal AS dalam waktu lebih dari seminggu.

Jenderal Angkatan Udara AS, Glen VanHerck, yang ditugaskan untuk menjaga wilayah udara AS, mengatakan kepada wartawan bahwa militer belum dapat mengidentifikasi tiga objek terbaru, bagaimana mereka tetap tinggi, atau dari mana asalnya.

"Kami menyebut mereka objek, bukan balon, karena suatu alasan," kata VanHerck, kepala Komando Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD) dan Komando Utara.

VanHerck mengatakan dia tidak akan mengesampingkan alien atau penjelasan lainnya. "Saya akan membiarkan komunitas intel dan komunitas kontraintelijen mencari tahu," katanya.

Pejabat pertahanan lainnya, yang berbicara tanpa menyebut nama, kemudian mengatakan militer tidak melihat bukti bahwa benda-benda itu berasal dari luar angkasa.

Atas perintah Presiden Joe Biden, sebuah pesawat tempur F-16 AS menembak jatuh objek tersebut pada pukul 14:42 waktu setempat di atas Danau Huron di perbatasan AS-Kanada, kata juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Patrick Ryder dalam sebuah pernyataan resmi.

Meskipun tidak menimbulkan ancaman militer, objek tersebut berpotensi mengganggu lalu lintas udara domestik karena terbang pada ketinggian 20.000 kaki (6.100 m), dan mungkin memiliki kegiatan pengawasan, kata Ryder.

Objek itu tampak berbentuk segi delapan, dengan tali yang menggantung tetapi tidak ada muatan yang terlihat, kata seorang pejabat AS yang berbicara tanpa menyebut nama.

Pentagon mengatkan, objek itu diyakini sama dengan yang baru-baru ini terdeteksi di atas Montana dekat lokasi militer yang sensitif, mendorong penutupan wilayah udara AS.

"Militer akan mencoba memulihkan objek yang jatuh di atas Danau Huron untuk mempelajarinya lebih lanjut," kata VanHerck kepada wartawan.

Dia mengatakan kemungkinan jatuh ke perairan Kanada.

Insiden itu menimbulkan pertanyaan tentang serentetan objek tidak biasa yang muncul di langit Amerika Utara dalam beberapa pekan terakhir dan meningkatkan ketegangan dengan China.

"Kami membutuhkan fakta tentang dari mana asalnya, apa tujuannya, dan mengapa frekuensinya meningkat," kata Perwakilan AS Debbie Dingell, salah satu dari beberapa anggota parlemen Michigan yang memuji militer karena menjatuhkan objek tersebut.

Pejabat AS mengidentifikasi objek pertama sebagai balon pengintai China dan menembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan pada 4 Februari. Pada hari Jumat, objek kedua ditembak jatuh di atas es laut dekat Deadhorse, Alaska, dan objek ketiga dihancurkan di atas Yukon Kanada pada  Sabtu dengan penyelidik masih memburu reruntuhannya.

"Keamanan warga adalah prioritas utama kami dan itulah mengapa saya membuat keputusan untuk menembak jatuh objek tak dikenal itu," kata Perdana Menteri Justin Trudeau kepada wartawan, Minggu.

Amerika Utara telah mewaspadai intrusi udara menyusul kemunculan pesawat China berwarna putih yang menarik perhatian di atas langit Amerika awal bulan ini.

Balon setinggi 200 kaki (tinggi 60m) itu - yang dituduh Amerika digunakan Beijing untuk memata-matai Amerika Serikat - menyebabkan insiden internasional, membuat Menteri Luar Negeri Antony Blinken membatalkan perjalanan yang direncanakan ke China hanya beberapa jam sebelum dia tiba. ditetapkan untuk berangkat.

Ketakutan pengawasan tampaknya membuat pejabat AS waspada.

Dua kali dalam 24 jam, pejabat AS menutup wilayah udara - hanya untuk membukanya kembali dengan cepat.

Pada hari Minggu, Administrasi Penerbangan Federal secara singkat menutup ruang di atas Danau Michigan. Pada hari Sabtu, militer AS mengerahkan jet tempur di Montana untuk menyelidiki anomali radar di sana.

China menyangkal balon pertama digunakan untuk pengawasan dan mengatakan itu adalah pesawat penelitian sipil. Itu mengutuk Amerika Serikat karena menembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan Sabtu lalu.

Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer mengatakan kepada penyiar AS ABC bahwa para pejabat berpikir dua objek terbaru adalah balon yang lebih kecil daripada yang asli.

Gedung Putih hanya mengatakan bahwa objek yang baru saja jatuh "tidak mirip" dengan balon China, menggemakan deskripsi Schumer tentang mereka sebagai "jauh lebih kecil".

"Kami tidak akan secara definitif mengkarakterisasi mereka sampai kami dapat menemukan puing-puing, yang sedang kami kerjakan," kata seorang juru bicara.

Sumber: CNA/Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat Benda Misterius Kanada Perang Dingin AS-China Balon Mata-mata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :