Senin, 29/04/2024 05:34 WIB

Aung San Suu Kyi Desak Mayoritas Lindungi Hak Minoritas

Etnis mayoritas memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan perlindungan baik itu pada bahasa, budaya serta adat istiadat etnis minoritas.

Aung San Suu Kyi

Yangon - Penasehat Negara Aung San Suu Kyi telah menekankan pentingnya peran mayoritas dalam melindungi hak-hak minoritas. Dikutip dari kantor berita Xinhua, Suu Kyi membuat pernyataan ini ketika berbicara dalam loka karya yang bertanggung jawab dalam penyusunan aturan yang melindungi hak-hak etnis minoritas di Nay Pyi Taw Selasa (01/02) kemarin.

Ia menekankan bahwa etnis mayoritas memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan perlindungan baik itu pada bahasa, budaya serta adat istiadat etnis minoritas. Suu Kyi juga mendesak agar tidak melupakan kewajiban serta hak-hak minoritas.

"Ketika Anda melindungi hak-hak etnis nasional, Anda juga harus mempertimbangkan tentang tanggung jawab mereka. Jika seseorang menagih haknya, tentunya mereka juga harus mau melaksanakan tanggung jawabnya," Jelas Suu Kyi.

"Aturan hukum itu dimaksudkan untuk melindungi seluruah warga negara dibawah perlindungan hukum yang menguntungkan warga, dan sepenuhnya bukan untuk menindas masyarakat. Hanya hukum yang adil akan menguntungkan bagi negara", tambahnya.

Loka karya yang diadakan untuk melegalkan beberapa rancangan undang-undang itu dihadiri oleh para pejabat dari kejaksaan agung dan para ahli hukum.

KEYWORD :

Aung Suu Kyi Myanmar Rohingya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :