Minggu, 28/04/2024 22:53 WIB

Grup Wagner Rusia Tawari Warga Serbia Ikut Perang di Ukraina

Kritik tersebut menandai teguran publik yang jarang dari pemimpin Serbia terhadap Rusia, sekutu setia negara Balkan.

Dalam foto selebaran yang diambil dari video yang dirilis oleh kementerian pertahanan Rusia pada 28 Desember, pasukan Rusia ikut serta dalam latihan di lokasi yang tidak ditentukan di Belarus (File: Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia melalui AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Serbia, Aleksandar Vucic mengutuk pasukan tentara bayaran Rusia Wagner karena berusaha merekrut tentara dari negaranya setelah kelompok itu memasang iklan media lokal untuk orang Serbia berperang di Ukraina.

Kritik tersebut menandai teguran publik yang jarang dari pemimpin Serbia terhadap Rusia, sekutu setia negara Balkan.

Vucic mengecam situs web dan grup media sosial Rusia karena menerbitkan iklan dalam bahasa Serbia, di mana Grup Wagner meminta sukarelawan untuk bergabung dengan barisannya.

"Mengapa kamu melakukan itu ke Serbia?" kata Vucic dalam wawancara televisi pada Senin malam. "Mengapa Anda, dari Wagner, menelepon siapa pun dari Serbia ketika Anda tahu itu melanggar peraturan kami?"

Iklan kontroversial itu muncul awal bulan ini di media pemerintah Rusia yang berafiliasi dengan RT di Serbia. Legislatif Serbia telah melarang partisipasi warganya dalam konflik di luar negeri dan beberapa orang telah dihukum karena melakukannya.

Sejumlah kecil orang Serbia telah bertempur bersama pasukan yang didukung Rusia di Ukraina sejak pertempuran pertama kali pecah di negara itu pada tahun 2014.

Vucic membantah tuduhan bahwa Grup Wagner, yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, hadir di Serbia di mana organisasi pro-Kremlin dan ultranasionalis mendukung invasi ke Ukraina.

Jumlah pasti orang Serbia yang bertempur di Ukraina tidak pernah diungkapkan oleh pejabat.

Pengunjung berfoto di luar PMC Wagner Centre, yang merupakan proyek yang dilaksanakan oleh pengusaha dan pendiri kelompok militer swasta Wagner Yevgeny Prigozhin, saat pembukaan resmi blok kantor di Saint Petersburg, Rusia, 4 November 2022.

Menteri Pertahanan Serbia Milos Vucevic juga memperingatkan warga Serbia agar tidak bergabung dengan Rusia dalam perang tersebut. "Ini akan menghasilkan konsekuensi hukum setelah mereka dapat dimintai pertanggungjawaban di hadapan badan-badan negara," kata Vucevic kepada Radio Free Europe.

Serbia telah lama menjadi sekutu yang dapat diandalkan untuk Moskow, dengan warisan Ortodoks yang sama, kebencian timbal balik terhadap NATO dan aliansi militer selama beberapa perang memperkuat hubungan mereka.

Serbia tetap menjadi satu-satunya negara Eropa – selain Belarusia – yang tidak bergabung dengan sanksi Barat terhadap Moskow.

Pada hari Selasa, kantor berita RIA Rusia menerbitkan rekaman yang memperlihatkan dua warga Serbia berpartisipasi dalam kursus pelatihan senjata di Ukraina.

Pakaian tentara bayaran Wagner yang didirikan pada 2014, yang telah terlibat dalam konflik di Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah, menjadi terkenal setelah Putin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Puluhan ribu orang Rusia telah pindah ke Serbia sejak pecahnya perang, di mana sebagian besar disambut dengan hangat.

Meskipun kedatangan pembangkang Rusia yang melarikan diri dari konflik, Serbia pada umumnya tetap menjadi pendukung setia invasi Ukraina, dengan demonstrasi pro-Kremlin diadakan di ibu kota Beograd.

KEYWORD :

serbia Aleksandar Vucic Tentara Bayaran Rusia Grup Wagner Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :