Minggu, 19/05/2024 10:42 WIB

Rashford Offside, Kenapa Gol Fernandes Sah? Ini Jawabannya

Setidaknya ada dua pertimbangan gol Fernandes disahkan VAR. Pertama, Rashford tidak menyentuh bola saat menerima umpan Casemiro

Bruno Fernandes mencetak gol ke gawang City (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Gol penyimbang yang dicetak playmaker Manchester United (MU), Bruno Fernandes, dalam laga derbi melawan Manchester City pada Sabtu (14/1) malam terus memicu perdebatan.

Gol yang terjadi pada menit ke-78 itu didahului dengan posisi Marcus Rashford, yang sudah berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Casemiro.

Namun, penyerang Inggris itu memilih tidak menyentuh bola, dan membiarkan Fernandes melepaskan tendangan melengkung ke gawang City yang dikawal Ederson.

Awalnya, wasit yang memimpin pertandingan mengabaikan protes yang diajukan pemain MU usai memutuskan gol tersebut offside. Tapi, setelah berkonsultasi dengan video asisten wasit (VAR) yang dipimpin Stuart Atwell, gol itu sah.

Dikutip dari Goal, setidaknya ada dua pertimbangan gol Fernandes disahkan VAR. Pertama, Rashford tidak menyentuh bola saat menerima umpan Casemiro. Kedua, aksi Rashford tidak mengganggu salah satu bek City.

"Bendera dinaikkan, wasit dan hakim garis melakukan percakapan, menganggap tidak ada sentuhan bola dari Rashford dan tidak berdampak pada kemampuan bek untuk memainkan bola," demikian keterangan Liga Inggris.

"VAR tidak dapat menemukan bukti kesalahan yang jelas dan nyata sehingga mengesahkan gol tersebut," imbuhnya.

Hanya tiga menit setelah Bruno menyamakan kedudukan, Rashford mencetak gol kemenangan untuk Setan Merah dari umpan Alejandro Garnacho yang memastikan tiga poin penting bagi timnya.

Setan Merah kini memiliki 38 poin dari 18 pertandingan, satu poin lebih sedikit dari tim asuhan Pep Guardiola di peringkat kedua, dan enam poin dari Arsenal di pucuk klasemen sementara.

KEYWORD :

Bruno Fernandes Manchester United City Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :