Minggu, 28/04/2024 23:49 WIB

Survei: Erick Thohir Menteri Terbaik Jokowi Versi Netizen

Survei: Erick Thohir Menteri Terbaik Jokowi versi netizen

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto istimewa/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri BUMN, Erick Thohir menduduki peringkat teratas dalam Menteri Terbaik Jokowi Versi Netizen di Penghujung 2022. Kesimpulan ini didapatkan dari survei yang dilakukan MediaWave, setelah melakukan monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1-31 Desember 2022.

Adapun dari data percakapan tersebut, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral, yang kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan "Earned Media Share of Sentiment", atau yang disingkat dengan EMSS.

Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi.

Erick Thohir mendapatkan 23.11% EMSS, yang didapat dari 220,518 percakapan.

Menurut netizen, Erick Thohir miliki berbagai prestasi gemilang, antara lain Menteri BUMN yang menerima penghargaan sebagai menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Awards 2022 dan dinilai sebagai cawapres yang dapat memenangkan Prabowo Subianto di 2024 dalam hasil survei lembaga SPIN.

Dari sisi survei secara nasional, yaitu oleh Poltracking Indonesia, Erick Thohir dinilai sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik.

Prestasi lain Erick Thohir tak hanya terbatas seputar polling dan penghargaan. Laki-laki pengusaha ini juga mendapat apresiasi karena merancang Konsep Festival Budaya pada pernikahan putra Presiden, Kaesang Pangarep yang mendapat pujian dari publik.

Sebagai Menteri BUMN, ia juga pernah mengukapkan bahwa PSSI harus dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik mendapat dukungan dari publik.

Berbagai prestasi ini membuat Erick Thohir dinilai mampu menjadi pemimpin masa depan RI. Ganjar Pranowo dan Erick Thohir digadang-gadang sebagai sosok pemimpin yang memikirkan rakyat dan cocok disandingkan pada Pilpres 2024.

Selain Erick Thohir, ada 4 menteri lain yang dinilai sebagai menteri terbaik Jokowi.

Adapun dari hasil analisis, berikut 4 daftar menteri terbaik lainnya di media sosial, yaitu Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dengan EMSS: 2.67%, dan Total percakapan 8,750, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto (EMSS: 1.82%-Total percakapan: 4,423), Menteri Kesehatan, Budi Gunadi (EMSS: 1.39%-Total percakapan: 6,284), dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (EMSS: 1.34%-Total percakapan: 76,585).

KEYWORD :

Erick Thohir Menteri Terbaik Jokowi netizen MediaWave Menteri BUMN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :