Rabu, 15/05/2024 07:02 WIB

Dasco Pastikan Gerindra Tetap Tolak Sistem Proporsional Tertutup di Pemilu 2024

Kami baik secara gabungan fraksi di DPR sudah ikut menyatakan bahwa kami tidak setuju terhadap proporsional tertutup. Lalu kemudian secara partai politik, Ketua Umum Pak Prabowo sudah menyatakan bahwa Partai Gerindra tidak setuju dengan proporsional tertutup artinya pendapat Partai Gerindra dengan tujuh partai lain itu adalah sama tidak setuju terhadap proporsional tertutup.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Partai Gerindra tetap menolak penerapan sistem proporsional tertutup di Pemilu 2024 bersama tujuh fraksi lain di DPR RI. Hal itu membantah ketidakhadiran Gerindra dalam acara penyampaian pernyataan sikap kedelapan partai politik (parpol) merupakan bentuk penolakan.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, ketidakhadiran perwakilan Gerindra karena ada sejumlah agenda yang tidak bisa ditinggalkan.

"Kami baik secara gabungan fraksi di DPR sudah ikut menyatakan bahwa kami tidak setuju terhadap proporsional tertutup. Lalu kemudian secara partai politik, Ketua Umum Pak Prabowo sudah menyatakan bahwa Partai Gerindra tidak setuju dengan proporsional tertutup artinya pendapat Partai Gerindra dengan tujuh partai lain itu adalah sama tidak setuju terhadap proporsional tertutup," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/1).

Wakil Ketua DPR RI ini membeberkan sejumlah agenda Gerindra yang tak bisa ditinggalkan. Salah satunya, Ketua Umum Prabowo Subianto yang harus absen dari acara pimpinan parpol tersebut, karena ada agenda yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Memang pertemuan yang diadakan kemarin itu pertemuan yang mendadak sehingga Pak Prabowo punya jadwal yang tidak bisa ditunda di tempat lain," kata dia.

Sedangkan, petinggi Gerindra lain harus melaksanakan agenda kemanusiaan yang sudah terjadwal. Yakni penyerahan bantuan sosial untuk korban banjir di Jawa Tengah (Jateng).

"Dan kebetulan juga petinggi Gerindra yang lain sedang konsentrasi dan sudah ada jadwal juga untuk menyerahkan bantuan banjir di Jawa Tengah," ucapnya.

Kendati begitu, Dasco memastikan komunikasi antara Gerindra dengan tujuh parpol lain berjalan dengan baik. Gerindra bahkan terlibat langsung membuat konsep kesepakatan lima poin delapan parpol terhadap sistem proporsional tertutup tersebut.

"Dalam pelaksanaan kegiatan kemarin kami melakukan komunikasi intens dengan petinggi-petinggi partai lain terutama dalam membuat konsep kesepakatan lima poin sehingga di situ disebut kan ada 8 partai politik, termasuk Gerindra," tegasnya.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sistem proporsional tertutup Pemilu 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :