Jum'at, 26/04/2024 16:13 WIB

Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi Meningkat, Pakar: Jaga Ekonomi Tetap Tumbuh

Saya kira saya bisa menerima hasil survei tersebut baru kemudian peran infrastruktur, saya kira kita harus akui masa pemerintahan Jokowi heavy-nya lebih pembangunan infrastruktur, kita lihat pembangunan Tol Sumatera saja sudah hampir tersambung, Jawa tinggal sedikit lagi, Kalimantan juga sudah ada.

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka)

Jakarta, Jurnas.com - Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing mengapresiasi tingkat kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami peningkatan pada bulan Desember 2022 yang dirilis oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

Dia menilai, tidak mudah untuk menjaga kepuasan masyarakat tetap meningkat di tengah situasi ekonomi global yang tidak menentu.

“Saya pikir kita harus jujur di tengah kita bermasalah dunia ini khususnya perekonomian pemerintahan Jokowikan bisa menghandlenya ekonomi tetap tumbuh positif diangka 5 persen, kita lihat sekalipun kita menghadapi covid-19 dan berbagai permasalahan yang muncul termasuk di dalamnya adalah lesunya ekonomi kita bisa survive,” ujar Emrus, Kamis (5/1).

Dalam survei disebutkan alasan kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi adalah memberi bantuan kepada rakyat kecil sebesar 41,2 persen, membangun infrastruktur jalan 24,4 persen dan lainnya di bawah 20 persen.

Emrus mengatakan kedua alasan itu cukup masuk akal, apalagi di era Presiden Jokowi terkenal dengan masifnya pembangunan infrastruktur. Dari kepuasan tersebut Emrus mengartikan infrastruktur disambut baik oleh masyarakat.

“Saya kira saya bisa menerima hasil survei tersebut baru kemudian peran infrastruktur, saya kira kita harus akui masa pemerintahan Jokowi heavy-nya lebih pembangunan infrastruktur, kita lihat pembangunan Tol Sumatera saja sudah hampir tersambung, Jawa tinggal sedikit lagi, Kalimantan juga sudah ada,” ucapnya.

“Baru jalan-jalan di Papua, saya sudah cek ke sana sudah banyak jalan yang dibangun di sana walaupun belum tol tapi sekelas tol bagus sekali hotmix-nya dan pondasinya, lalu  bandara, waduk dan lain-lain itu sangat wajar ketika masyarakat memberikan kepuasan terhadap Jokowi,” sambungnya.

Disebutkan dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada periode 1-6 Desember 2022 dengan total 1.220 responden, terpotret tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 71,3 mengalami peningkatan 5,1 persen dari survei bulan November 2022 yang berada pada angka 66,2 persen.

Responden diambil dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional, sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah, dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Wawancara responden dilakukan secara tatap muka langsung. Margin of error survei ini sekitar +/- 2,92 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

 

 

 

KEYWORD :

Jokowi survei Indikator Politik Indonesia tingkat kepuasan pembangunan infrastruktur Emrus Siho




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :