Minggu, 19/05/2024 18:23 WIB

Patut Disyukuri, Kapitalisasi Saham di BEI Tembus Rp9.500 Triliun

Patut disyukuri, kapitalisasi saham di BEI tembus Rp9.500 Triliun

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto ist/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Kapitalisasi saham RI yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tembus Rp9.500 triliun pada tahun ini atau naik 15,2%, patut disyukuri. Selain itu, jumlah perusahaan yang sudah melakukan pencatatan perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) mencapai 825 perusahaan.

Hal itu, disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dalam Peresmian Penutupan Perdagangan BEI Tahun 2022 di Jakarta, Jumat pekan lalu. "Saya selalu meng-encourage ke Direktur Utama BEI, kapan tembus 1.000, Pak?" ujar Sri Mulyani dalam dalam keterangannya..

Menkeu melihat jumlah perusahaan yang ada di pipeline masih sekitar 40 perusahaan dan menurut dia angka tersebut masih bisa ditingkatkan terus. “Saya sangat bahagia tadi, jumlah investor terutama individual yang mencapai lebih dari 10 juta dan mayoritas adalah mereka yang usia di bawah 40 tahun," tutur wanitakelahiran Lampung.

Menurut Menkeu, hal itu merupakan gambaran yang luar biasa, terlebih diletakkan dalam konteks tahun 2022, di mana tahun ini yang seharusnya merupakan tahun pemulihan ekonomi namun banyak negara maju yang justru mengalami pelemahan ekonomi yang sangat dalam.

"Kita bersyukur bahwa dalam situasi seperti ini, indikator positif yang tadi telah disampaikan, bahwa IHSG termasuk yang pernah mencapai level tertinggi di 7.318 pada 13 September 2022 secara yoy (year-on-year) masih tumbuh 4,06%. Ini masih lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan di ASEAN,"beber mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin sore hari ini resmi menutup perdagangan BEI tahun 2022. Wapres mengapresiasi capaian kerja seluruh pelaku ekonomi, salah satunya BEI dalam menjaga aktivitas ekonomi, keuangan, dan pasar modal sepanjang tahun 2022, meskipun dihadapkan pada sejumlah tantangan global.

“Dengan penuh rasa syukur, perdagangan Bursa Efek Indonesia tahun 2022 secara resmi saya nyatakan ditutup. Selamat menyambut tahun baru 2023,” kata Wapres dalam sambutan secara virtual.

Wapres mengapresiasi di tengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19, ketidakpastian situasi geopolitik yang memicu krisis energi dan pangan, serta inflasi di berbagai negara, ekonomi Indonesia justru tumbuh 5,72% pada kuartal III/2022. “Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah dan melampaui angka sebelum pandemi,”ungkapnya.

KEYWORD :

Sri Mulyani saham BEI IHSG investor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :