Selasa, 30/04/2024 09:10 WIB

Seniman Indonesia Siap Guncang Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika TMII

Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum yang mudah dan praktis

Salah satu anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan beroperasi lebih lama daripada hari biasa untuk menemani pengunjung untuk menutup tahun 2022 hingga pukul 24.00 WIB.

TMII dengan wajah barunya kini telah bertransformasi menjadi kawasan yang smart dengan memanfaatkan platform digital yang salah satunya dimanfaatkan untuk pembelian tiket yang dapat dilakukan melalui laman resmi tamanmini.com.

Para pengunjung dapat membeli tiket untuk menikmati rangkaian acara akhir tahun di Taman Mini dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000,-. Dengan memberikan kemudahan bagi seluruh pengunjung, TMII diharapkan dapat menjadi representasi wajah Indonesia di masa depan.

Taman Mini Indonesia Indah menyuguhkan serangkaian acara yang sayang jika terlewat bagi masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya antara lain seperti penampilan kesenian rakyat Indonesia, penampilan grup band dari musisi tanah air, partisipasi musisi jalanan, kontemplasi dengan do’a oleh pemuka agama (yang dihadiri oleh pejabat negara, 7 pemuka agama serta anak yatim piatu), dan pada puncak acara akan dimeriahkan dengan pertunjukan kembang api serta penutupan akhir tahun 2022.

Kemeriahan rangkaian acara Pergantian Malam Tahun Baru 2023 berlokasi di Panggung Budaya Bhinneka Tunggal Ika Taman Mini Indonesia Indah, yang mendeskripsikan bahwa TMII ini menjadi simbol keutuhan dan persatuan, harmonisasi keindahan dalam ragam perbedaan yang ada.

Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah dapat dijangkau menggunakan transportasi umum yang mudah dan praktis. Masyarakat kota Jakarta dapat menggunakan transportasi umum berupa Transjakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), dan moda transportasi lainnya.

Menggunakan transportasi umum dapat menghemat tenaga sebelum maupun setelah acara perayaan tahun baru sekaligus dapat berkontribusi untuk mengurangi tingkat kemacetan. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan transportasi umum, pengunjung telah berpartisipasi dalam mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

Protokol kesehatan tidak boleh dilupakan dalam perayaan pergantian tahun agar pengunjung dapat menikmati seluruh rangkaian acara dengan aman dan nyaman. Penting juga untuk mempersiapkan kondisi diri seperti istirahat yang cukup dan rutin mengonsumsi air putih agar semua pengunjung dapat bergembira bersama orang-orang tersayang di Taman Mini Indonesia Indah.

Pengunjung juga dihimbau untuk tetap selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pengelola Taman Mini Indonesia Indah telah menyediakan tempat pembuangan sampah di setiap sudut lokasi yang mudah ditemukan oleh seluruh pengunjung.

Pemilihan Taman Mini Indonesia Indah ini sejalan dengan Uji Coba Wajah Baru TMII yang sempat ditutup untuk revitalisasi dan konsep barunya yakni ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kawasan TMII dengan wajah baru ini menyediakan ruang terbuka dan hijau yang lebih luas, dengan komposisi ruang terbuka hijau sebesar 70% dan bangunan sebanyak 30%. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh pengunjung, TMII menyediakan transportasi yang berbahan bakar listrik untuk mengantarkan pengunjung ke wahana yang diinginkan.

Edy Setijono selaku Direktur Utama PT TWC mengatakan, TMII merupakan bagian dari ekosistem pariwisata yang kami kelola dan karena itu, pihaknya memastikan bahwa secara keseluruhan destinasi wisata yang dikelola mengedepankan keberlanjutan sekaligus memiliki layanan pengunjung yang setara.

KEYWORD :

Tahun Baru 2023 TMII Seniman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :