Sabtu, 27/04/2024 21:10 WIB

Alasan Presiden Meksiko Ogah Bertemu Trump

Trump sepertinya ingin memaksa Meksiko ikut bersedia bersama-sama membiayai pembangunan dinding perbatasan.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto

Meksiko - Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menegaskan tidak akan menghadiri pertemuan dinas dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada Selasa depan di Washington, D.C. Nieto mengurungkan niatnya beberapa saat setelah Trump mencuit bahwa pertemuan akan dibatalkan kalau Meksiko tidak mau membayar biaya pemasangan pagar dinding di perbatasan.

"Pagi ini kami telah mengabarkan kepada Gedung Putih bahwa saya tidak akan menghadiri pertemuan yang dijadwalkan Selasa depan dengan POTUS (Presiden Amerika Serikat, red)," kata Pena Nieto melalui Twitter.

Pada Rabu kemarin, Trump menandatangani perintah eksekutif soal pemasangan pagar dinding di perbatasan AS-Meksiko. Trump sepertinya ingin memaksa Meksiko ikut bersedia bersama-sama membiayai pembangunan dinding perbatasan itu, sebagai syarat bertemu Trump.

Mungkin karena setengah dipaksa karena ada syarat dalam pertemuan, juga menunjukkan diplomasi yang tidak elok lewat cuitan, Nieto langsung membayar kontan dengan cuitan pembatalan pertemuan dengan Presiden baru Amerika Serikat tersebut. Sebelumnya, Nieto memang menegaskan tidak mau ikut membiayai pembangunan dinding perbatasan yang menjadi program Presiden Amerika itu saat kampanye.

KEYWORD :

Amerika Serikat Donald Trump Presiden Meksiko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :