Rabu, 08/05/2024 07:23 WIB

Perputaran Uang Saat Nataru Diprediksi Capai Rp23,85 Triliun

Perputaran uang tersebut akan didominasi di daerah Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Yogyakarta

Mata Uang Rupiah pecahan seratus ribu. (Illustrasi-Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Jumlah perputaran uang selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) diperkirakan mencapai Rp23,85 triliun dengan asumsi jumlah penduduk yang mudik sekitar 44,7 juta atau setara dengan 11.925.00 keluarga.

"Jika setiap keluarga membawa uang rata-rata Rp2 juta saja maka perkiraan perputaran uang mencapai jumlah di atas," ujar Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarman Simanjorang, Kamis (22/12/2022).

Sarman memproyeksikan, angka ini masih berpotensi lebih. Walaupun dengan rata-rata Rp2 juta per keluarga sudah sangat menggairahkan bisnis para pelaku usaha UMKM di daerah.

Adapun perputaran uang tersebut mulai terjadi sejak seseorang bepergian dari rumah seperti pembelian tiket bagi yang naik angkutan umum atau BBM yang memakai kenderaan pribadi.

"Kemudian akan berputar di warung dan restoran selama perjalanan pergi pulang, penginapan di hotel, belanja di lokasi wisata, pembelian oleh-oleh khas daerah dan kebutuhan perayaan Natal dan Tahun baru bersama keluarga," lanjut Sarman.

Kata Sarman, perputaran uang tersebut akan didominasi di daerah Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Yogyakarta.

Sebagian lagi diluar Jawa seperti Sumut, Sulut, Maluku dan Papua, sebagian Kalimantan dan Bali.

KEYWORD :

Nataru Uang Sarman Simanjorang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :