Kamis, 02/05/2024 21:43 WIB

Industri

Ketika Tren Warna Mobil Jadi Pilihan

Bicara soal warna pastinya setiap orang punya selera dan pilihan favorit masing-masing. Begitu juga dengan pilihan warna untuk mobil kesayangan.

Suasana Pameran Otomotif 2016 / Yogi

Jakarta – Bicara soal warna pastinya setiap orang punya selera dan pilihan favorit masing-masing. Begitu juga dengan pilihan warna untuk mobil kesayangan.

Selain merek dan tipe, umumnya konsumen sangat selektif dalam memilih warna mobil. Hal ini terlihat dari jumlah mobil yang beredar di jalanan yang hampir kebanyakan memiliki warna yang sama meski merek dan tipenya berbeda.

Untuk membuat sebuah kendaraan, sejatinya pabrikan mobil akan menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera pasar. Misalnya seperti yang dilakukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk setiap line-up mobil buatannya.

Dalam produksinya warna putih masih mendominasi warna yang paling banyak dipesan oleh konsumen Toyota. Bahkan, sekitar 40% mobil yang diproduksi oleh TMMIN merupakan warna putih, disusul warna hitam sebesar 30% dan sisanya warna abu-abu.

Salah satu portal otomotif di Indonesia, Carmudi, belum lama juga telah menganalisa perilaku pembeli yang dapat memberi gambaran iklim industri otomotif Indonesia di masa depan termasuk tentang selera memilih warna mobil.

“Kami telah mengolah data traffic periode 2014-2016 dan mengungkap fakta menarik mengenai preferensi mobil masyarakat Indonesia. Kami juga melakukan wawancara terhadap beberapa diler mobil rekanan untuk melihat preferensi mobil seperti apa yang dimiliki masyarakat dari perspektif diler mobil,” ungkap Subir Lohani, CEO Carmudi Indonesia, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data tersebut, untuk segmen mobil baru, warna putih, hitam, dan abu - abu masih menjadi pilihan mobil masyarakat Indonesia di tahun 2015-2016, meskipun jumlahnya mengalami penurunan pada warna putih dan hitam. Dan tren warna pilihan konsumen untuk mobil baru pada periode itu tercatat untuk warna putih adalah sebesar 36%, warna hitam sebesar 22%, dan warna sebesar abu-abu 21%.

Sedangkan pada tren warna untuk mobil bekas periode 2015-2016, warna hitam dan warna abu-abu juga mengalami penurunan. Di segmen ini tercatat pilihan masyarakat Indonesia untuk warna hitam sebesar 32%, abu-abu sebesar 30%, dan putih sebesar 17%. Salah satu faktor penurunan lebih disebabkan susah dalam perawatan. Namun demikian warna hitam masih menjadi warna favorit karena masih efektif untuk menyamarkan kondisi tampilan dari mobil bekas.

Saat ini beberapa komunitas mobil dengan varian warna tertentu tengah menjamur di Indonesia. Sebagai contohnya adalah Black Car Community dan White Car Community. [yog]

 

KEYWORD :

Warna Warna Mobil Tren Warna




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :