Jum'at, 26/04/2024 19:09 WIB

Mentan Syahrul Singgung Impor di Jambore Hortikultura 2022

Mentan Syahrul Singgung Impor di Jambore Hortikultura 2022

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan Jambore Hortikultura 2022 yang digelar di Grand Ballroom The Margo, Depok, Jumat (2/12).

JAKARTA, Jurnas.com  - Menteri Pertanian  (Mentan), Syahrul Yasin Limpo sempat menyinggung soal impor saat memberikan arahannya di acara Jambore Hortikultura 2022 di Hotel Margo, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (2/12).

Pada kesempatan ini, Mentan Syahrul mengatakan, impor sebenarnya tidak haram. Hanya saja, kata dia, kalau komoditas tersebut masih tersedia dan  masih bisa ditanam dalam negeri melakukan impor menjadi tak masuk akal.

"Kalau masih bisa di tanam di sini saudara dan masih ada hasilnya ini kau gila aja mau impor. Kamu bohongi nalarmu. Kan yang tidak boleh kamu bohongi nalarmu dan hatimu. Orang rakyat bisa tanam, ko impor gitu loh," kata Mentan Syahrul.

Politikus Partai NasDem itu mengatakan, Tuhan telah menganugerahkan Indonesia alam  yang subur dengan cahaya matahari bersinar 12 jam, angin, dan air yang melimpah. Hal ini tidak didapatkan oleh negara yang pernah dia kunjungi, seperti Kopenhagen, ibu kota Denmark.

"Kau tahu. Saya pernah di Kopenhagen, mataharinya yang sama seperti mataharimu itu cuman 9 hari dalam satu tahun. Kau tiap hari nikmati matahari, tiap hari menikmati angin, tiap hari berkehidupan dengan air, dan tiap hari dengan tanah yang subur," kata Mentan Syahrul.

Olah karena itu, Mentan Syahrul mengatakan bertekad membawa produk hortikultura Indonesia ke seluruh supermarket yang ada di seluruh dunia. Menurutnya, sayuran dan buah dalam negeri tidak kalah dengan negara lain.

"(Besok) Tidak ada supermarket di Indonesia dan dunia yang tidak ada buah dan sayuran Indonesia," kata Mentan.

Menurut Mentan Syahrul, Indonesia mempunyai sayuran dan buah-buahan yang tidak kalah dengan negara-negara lain, apalagi setelah mendapatkan pembinaan dari Kementan.

"Oleh karena itu, besok sayur dan buah Indonesia tentu saja kita berharap menjadi satu potensi untuk membela kepentingan bangsa melalui para petani-petani yang mampu membangun kualitas yang lebih baik," harap Mentan Syahrul.

Guna mendongkrak ekspor hortikultura, dia mendorong pihaknya memanfaatkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang tersebar di seluruh dunia untuk memasarkan produk-produk pertanian Indonesia.

"Kita harus memiliki tekad dan semangat untuk berteman dan berkomunikasi dengan semua orang. Saya inginkan kita bisa membuat program dan kegiatan di luar negeri. Tembus pasar Eropa, Arab, Amerika, dan Asia," serunya.

Sebagai informasi, Jambore Hortikultura merupakan kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menampilkan aneka produk dan inovasi teknologi hortikultura.

KEYWORD :

Impor Syahrul Yasin Limpo Jambore Hortikultura 2022




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :