Senin, 06/05/2024 15:24 WIB

Investasi Manufaktur Menguat, Pamerindo Gelar Manufacturing Indonesia 2022

Investasi Manufaktur Menguat, Pamerindo Gelar Manufacturing Indonesia 2022

Konferensi pers pameran Manufacturing Indonesia 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - PT Pamerindo Indonesia (Pamerindo) menghadirkan pemeran ke-31 Manufacturing Indonesia 2022, yang berlangsung mulai Rabu (30/11) hingga Sabtu (3/12) besok, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini digelar menyusul menguatkan investasi di sektor manufaktur pada kuartal III 2022.

Iven berskala internasional bertajuk `Solusi Keberlanjutan untuk Industri Manufaktur` ini mencakup eksibisi mesin, peralatan, material dan jasa yang melibatkan 800 lebih peserta pameran dari 33 negara/wilayah.

Events Director Pamerindo Lia Indriasari mengatakan, penyelenggaraan pameran Manufacturing Indonesia 2022 merupakan langkah tepat sebagai wadah solusi industri dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, dan berpartisipasi dalam mencapai tujuan Making Indonesia 4.0.

"Baik dalam menciptakan iklim investasi, ekspor impor, pengembangan SDM manufaktur, pemanfaatan teknologi digital (smart manufacturing) hingga keberlanjutan industri (industrial sustainability) itu sendiri," terang Lia.

Menurut laporan Katadata, Indonesia menjadi negara dengan inflasi ke-4 terendah di Asean. Didukung dengan data dari Bank Indonesia, inflasi Indonesia per Oktober 2022 sebesar 5,71 persen, menurun dari bulan sebelumnya.

Pemerintah memproyeksikan laju investasi akan terus meningkat sejalan dengan realisasi investasi sektor industri manufaktur pada triwulan III 2022 yang meningkat 54 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

"Dengan capaian sektor industri manufaktur sebesar 40,9 persen terhadap total investasi akan semakin mendorong kinerja industri manufaktur dalam pemenuhan kebutuhan pasar domestik dan internasional," kata dia.

"Capaian ini juga turut memperkuat struktur manufaktur searah dengan peta jalan dalam merevitalisasi sektor ini melalui Making Indonesia 4.0. Pamerindo menyambut kesempatan tersebut dengan menggabungkan para pelaku industri manufaktur untuk menjalin kerjasama melalui pameran ini," imbuh Lia.

Dalam pameran ini, Pamerindo juga kembali memfasilitasi karya anak bangsa sebagai komitmen dalam mendukung keberlanjutan industri. 10 produk dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam negeri binaan Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian atau yang dikenal dengan Kampung Industri, hadir memperkenalkan produk, inovasi dan teknologi yang telah dikembangkan, dengan tujuan membangun kerjasama industri serta menarik investor baik lokal maupun internasional.

"Kami hadirkan karya terbaik dari IKM lokal yang akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memperkaya SDM yang kompeten di industri ini. Kampung Industri ini mengambil tempat di Hall D2 dalam pameran ini," tutup Lia.

KEYWORD :

Pamerindo Manufacturing Indonesia 2022 Investasi Manufaktur Pameran Industri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :