Minggu, 12/05/2024 07:11 WIB

36 BUMN-BUMD dan Swasta Diganjar Penghargaan HCPA 2022

36 BUMN-BUMD dan Swasta Diganjar Penghargaan HCPA 2022

Ketua Penyelenggara HCPA 2022, Irnanda Laksanawan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 36 perusahaan yang terdiri dari 28 BUMN, dua BUMD, dan enam swasta meraih penghargaan Human Capital dan Performance Award (HCPA) 2022, pada Rabu (30/11).

Penganugerahan yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia tersebut bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Fortege Claude Technology, Digital Tranformation & Innovation Institute dan MB Solition.

Menurut analisis para pakar dan profesional yang menjadi dewan juri, puluhan perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan human capital, inovasi serta mengintegrasikan dengan tranformasi digital dalam melakukan Transformasi Bisnis.

Dengan demikian, perusahaan dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima untuk pelanggan di seluruh Indonesia.

Ketua Penyelenggara HCPA 2022, Irnanda Laksanawan menerangkan bahwa penganugerahan ini merupakan kegiatan corporate rating tahunan di bidang human capital, dengan tujuan mengidentifikasi sejumlah faktor penentu kesuksesan transformasi human capital, serta mengukur kinerja sekaligus efektivitas strategi human capital.

"Award ini juga bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional untuk melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, dalam menjalankan bisnis perusahaan," terang Irnanda.

Dikatakan, penganugerahan kali ini memiliki tantangan tersendiri, sekaligus membuktikan para perusahaan tersebut mampu bertahan dalam menjalankan pelayanan bisnisnya kepada masyarakat, sesuai visi dan misi perusahaan, khususnya di era new normal.

Ketua Dewan Juri, Priyantono Rudito mengatakan, proses penjurian HCPA 2022 memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia, dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan di era digital.

Di antaranya ialah strategi human capital, inovasi dan transformasi digital, dan terbentuknya digital leadership dalam menghadapi tiga tantangan besar (secure, survive dan sustain) di era digital ini.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara membangun DNA terbarukan (Self Renewable DNA) melalui dua hal yang sulit dilakukan dalam waktu bersamaan, yaitu memastikan terjaganya kinerja core business dan memimpin manajemen perubahan (change management) yang cukup keras dalam program transformasi digital.

"Oleh karena itu penting untuk dijadikan pembelajaran bersama bahwa pembentukan DNA terbarukan tersebut ditempuh dengan melakukan perubahan mendasar dari pendekatan bisnis, yaitu shifting dari current business practice ke next business practice dari waktu ke waktu dalam waktu yang relatif lebih singkat," imbuh dia.

Sementara itu Chairman of Steering Committee, Haryono Soeparno, mengatakan Human Capital and Digital Transformation Award 2022 ini bertujuan menginspirasi para pemimpin perusahaan pada setiap level, membangun kapasitas kepemimpinan perusahaan, menumbuhkan sumber daya manusia mereka dengan berinvestasi pada karyawan, proses, dan budaya perusahaan di Era Business Intelligence.

Visi dari Human Capital Award 2022 ini akan mengubah potensi karyawan yang tidak terbatas menjadi sumber daya manusia strategis, melalui dukungan teknologi digital dan Business Intelligence, sehingga mendorong produktivitas, inovasi, dan pertumbuhan seluruh bisnis di tanah air.

"Semoga dapat terus membangkitkan, memacu kemajuan Human Capital Indonesia, di Era Business Intelligence, dan mengungkit keberhasilan kita mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan berkelanjutan," harap Haryono.

KEYWORD :

HCPA 2022 BUMN BUMD Human Capital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :