Sabtu, 04/05/2024 22:38 WIB

Perusahaan Saudi Dapat Restu Akuisisi MU dan Liverpool

Perusahaan Saudi Dapat Restu Akuisisi MU dan Liverpool

Bendera Manchester United (Foto: REUTERS/Phil Noble)

London, Jurnas.com - Menteri Olahraga Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal, mendukung perusahaan dari sektor swasta yang berencana melakukan akuisisi dua klub besar Inggris, Manchester United dan Liverpool.

Dua klub paling sukses di Inggris bisa mendapatkan investor dalam waktu dekat. Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, dan Keluarga Glazer dari Manchester United mengumumkan penjualan klub baru-baru ini.

FSG yang dipimpin John W Henry awalnya mengaku sedang mencari investor baru, namun kini telah dipastikan bahwa perusahaan Amerika tersebut juga akan mempertimbangkan penjualan penuh.

Sedangkan Keluarga Glazer yang banyak menuai kritik, mengungkapkan bahwa mereka akan menerima tawaran untuk klub awal pekan ini, tepat setelah pemutusan kontrak Cristiano Ronaldo.

"Dari sektor swasta, saya tidak bisa berbicara atas nama mereka, tapi ada banyak minat dan keinginan serta ada banyak gairah tentang sepak bola," kata Pangeran Abdulaziz dikutip dari Sports Mole pada Jumat (25/11).

Dia beralasan bahwa Liga Inggris saat ini menjadi liga paling banyak ditonton di Saudi dan sekitarnya. Karena itu, pengambilalihan dua klub itu menjadi sebuah keuntungan.

"Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta (Saudi) yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di dalam kerajaan. Tetapi jika ada investor yang bersedia melakukannya dan jumlahnya bertambah, mengapa tidak?" ujar dia.

Sebelumnya, Saudi telah melakukan akuisisi Newcastle United dengan mahar senilai £300 pada Oktober lalu. Kini, The Magpies menjadi salah satu klub terkaya di dunia sepakbola.

KEYWORD :

Arab Saudi Perusahaan Swasta Manchester United Liverpool




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :