Minggu, 05/05/2024 00:56 WIB

Pemulihan Ekonomi Menguat, Tetap Waspada COVID-19 Gelombang Ketiga

Pemulihan ekonomi menguat, tetap waspada COVID-19 gelombang ketiga

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu. (Foto Dok. Kemenkeu)

Jakarta, Jurnas.com - Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi gelombang ketiga pandemi COVID-19. Meskipun tren pemulihan ekonomi menguat, kewaspadaan harus tetap terjaga. Ha itu ditegaskan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu.

"Kewaspadaan harus tetap kita jaga, terutama mulai meningkatnya lagi kasus harian yang dapat berpotensi mendorong gelombang ketiga pandemi COVID-19 di tanah air," ujar Febrio dalam Sosialisasi Neraca Institusi Terintegrasi, Selasa (22/11/2022).

Febrio mengatakan, penanganan pandemi COVID-19 hingga saat ini telah menunjukkan hasil yang positif. Hal itu juga turut menyebabkan tren pemulihan ekonomi RI menguat. "Tren pemulihan ekonomi yang tetap menguat, aktivitas konsumsi, produksi, kinerja ekspor dan impor juga semakin kuat," ujarnya.

Menurutnya, ekonomi RI telah berhasil keluar dari krisis 2020 yang disebabkan oleh pandemi. Di mana pertumbuhan ekonomi RI saat pandemi terkontraksi sebesar -2,1 persen. "Tahun 2021 perekonomian kita sudah berada di atas ekonomi riil 2019 artinya sudah keluar dari pandemi 1,6 persen di atas PDB riil 2019," jelasnya.

Sementara untuk 2022, hingga saat ini tercatat pertumbuhan ekonomi nasional secara akumulatif dari kuartal I-III sebesar 6,6 persen. Dengan itu, kata dia, pertumbuhan ekonomi RI sudah di atas PDB riil 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

 

KEYWORD :

Febrio Kacaribu pemulihan ekonomi COVID-19 gelombang ketiga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :