Selasa, 14/05/2024 02:44 WIB

Jadi Sosok Kepercayaan Jokowi, Erick Thohir Kuda Hitam di Pilpres 2024

Jadi kalau usai acara Projo di magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar. Kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo. Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama nama yang beredar adalah Erick Thohir yang ditunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang.

Pengamat BUMN, Kiki Rizki Yoctavian. (Foto: Dok. Ist)

MENUJU 2024 banyak orang hanya melihat capres dan cawapres yang diinginkan Jokowi hanya sebatas pada faktor elektabilitas semata, padahal jika kita mempelajari kultur Jawa, ketika seorang raja atau pemimpin akan menyelesaikan jabatannya atau berhenti maka setidaknya ada tiga hal yang akan dipastikan ada pada diri penerusnya.

Pertama, memastikan legacy yang ditinggalkan tetap dijaga. Kedua memastikan kesinambungan program, target dan tujuan tetap berjalan. Terakhir, yang tidak kalah penting adalah memastikan si penerus merupakan orang yang dipercaya untuk menjaga anak dan keturunannya.

Siapa orang dimaksud? Bisa banyak nama. Tapi yang pasti bukan Anies Baswedan yang menurut Zulvan Lindan adalah antitesa Jokowi yang di dukung oleh koalisi Perubahan yang bisa di maknai kata perubahan itu berkonotasi situasi yang tidak sama dengan Jokowi tentunya.

Dari tiga hal tersebut maka yang pertama maupun ke dua sangat banyak kemungkinannya, tapi yang ketiga tentulah hanya orang yang memang sangat di percaya oleh Jokowi.

Maklum jabatan Presiden dua periode yang di emban Jokowi tentu tidak mungkin menyenangkan semua orang. Pasti ada saja "orang kuat" yang dirugikan, kecewa, sakit hati, marah dan lain - lain, yang semuanya bisa saja dilampiaskan berikut hari tidak pada Jokowi tapi bisa jadi pada Gibran, Kahiyang atau Kaesang atau mungkin juga Jan Ethes.

Kira kira siapa orang itu? Gampang saja melihatnya, yaitu siapa yang di percaya untuk menjadi Ketua Panitia Pernikahan Kaesang. Menjadi ketua panitia sebuah acara pernikahan yang penuh ritual budaya dan sangat religius tentu tidak seperti menunjuk ketua panitia G20 maupun acara kenegaraan lainnya.

Menjadi ketua panitia pernikahan anak Jokowi adalah simbol, tanda yang sulit di bantah bahwa pada orang itulah kelak Jokowi akan menitipkan keluarganya, anak dan cucunya.

Jadi kalau usai acara Projo di magelang lalu orang ramai menduga dukungan Jokowi ke Ganjar. Kemudian setelah acara Perindo ramai lagi orang menduga Jokowi mendukung Prabowo.

Kalau saya justru melihat bahwa kuda hitam di luar nama nama yang beredar adalah Erick Thohir yang ditunjuk oleh Jokowi menjadi ketua panitia pernikahan Kaesang.

Tentunya semua akan berspekulasi kembali siapa sebenarnya yang digadang-gadangkan menjadi sosok yang akan "direstui" oleh Jokowi?

Kita bersama mungkin akan berpikir waras bahwa urusan politik lebih banyak manuver tetapi urusan pernikahan adalah hal yang sakral dan orang yang sangat dekat dan tepatlah yang ditunjuk untuk melaksanakannya karena orang tersebut simbolisasi dan perwujudan dari tuan rumah yang punya hajat.

Termasuk cara perpikir maupun bertindak. Begitupun ketika Jokowi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Panitia Pernikahan itu menunjukan kepercayaan penuh dirinya kepada Erick Thohir. [***]

 

Penulis adalah pendiri Lembaga Masyarakat Indonesia Fajar Nawasena serta Pusat Studi Untuk Demokrasi, Kiki Rizki Yoctavian

 

KEYWORD :

Pilpres 2024 Menteri BUMN Erick Thohir Jokowi kuda hitam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :