Sabtu, 27/04/2024 22:52 WIB

MRA Group Diduga Lumbung Suap Emirsyah Satar

Diduga uang dari penampungan itu kemudian dialirkan ke sejumlah pihak.

Emirsyah Satar

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga tersangka Soetikno Soedarjo menggunakan sejumlah perusahaannya untuk menampung uang hasil suap dari perusahaan otomotif asal Inggris, Roll-Royce. Tak terkecuali diduga menampung uang suap di Connaught International Pte. Ltd dan Mugi Rekso Abadi (MRA) Group.

Untuk diketahui, Soetikno merupakan pendiri MRA Group dan di Connaught International Pte. Ltd merupakan pengendali utama (beneficial owner). Diduga uang dari penampungan itu kemudian dialirkan ke sejumlah pihak. Termasuk mengalir ke sejumlah rekening mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar di Singapura terkait pengadaan 11 pesawat Airbus A330-300 oleh PT Garuda pada 2012.

"Dan dari perusahaan itulah masuk ke beberapa rekening (Emisyah Satar mantan Dirut Garuda Indonesia)," ucap Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, Jumat (20/1/2017).

Dugaan keterlibatan MRA Group mengemuka setelah penyidik KPK menggeledah kantornya. Dari penggeledahan ini, penyidik menemukan bukti terkait dugaan suap ke Emirsyah. Bukti berupa sejumlah dokumen yang terkait kasus ini kemudian disita penyidik KPK.

Modus transaksi itu sendiri diketahui, lantaran KPK dalam proses penyelidikan kasus ini bekerja sama dengan beberapa lembaga dalam negeri dan luar negeri. Namun, Laode enggan menjelaskan lebih jauh kaitan perusahaan Soetikno dengan Rolls Royce. "Itu yang kami dapatkan," tegas Laode.

Untuk diketehui, PT Mugi Rekso Abadi (MRA) Group ini didirikan oleh beberapa orang. Antara lain, Soetikno Soedarjo, Adiguna Sutowo, Irwan Subiarto, Ongky Sumarno (Direktur Eksekutif Grup Humpuss) dan Yapto Suryosumarno. Ongky Sumarno tak lain adalah adik kandung Rini Soemarno, yang kini menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mayoritas saham MRA Group sebesar 70 persen dimiliki Soetikno dan Adiguna Sutowo. Grup MRA terdiri atas lima divisi (Food & Beverage, Media, Otomotif, Hotel & Properti, serta Gaya Hidup & Hiburan). Kelompok ini sedikitnya memiliki 35 perusahaan, antara lain: Zoom Bar & Lounge, BC Bar, Cafe 21, Radio Hard Rock FM (Jakarta, Bandung, Bali), i-Radio, majalah Kosmo, majalah FHM, Four Seasons Hotel dan Four Seasons Apartement di Bali, dealership Ferrari dan Maserati, Mercedes Benz, Harley Davidson, Ducati, B&0, dan Bulgari.

KEYWORD :

Suap Garuda Emirsyah Sattar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :