Jum'at, 03/05/2024 15:49 WIB

Kemkominfo Dorong ASN Purbalingga Adopsi Teknologi Digital

Kemkominfo Dorong ASN Purbalingga Adopsi Teknologi Digital

Kegiatan literasi digital untuk ASN Kabupaten Purbalingga (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Purbalingga, untuk mengadopsi teknologi digital dalam memberikan pelayanan publik.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, dalam kegiatan literasi digital secara hybrid, yang dihadiri oleh 6.538 ASN Pemkab Purbalingga beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, Bonifasisus menyampaikan bahwa materi yang diberikan kepada para peserta kegiatan didasarkan pada empat pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital dan Etika Digital.

"Dari materi-materi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan kecakapan penggunaan teknologi digital, meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan perangkat dan akun yang digunakan serta mendorong ASN untuk mengenal dan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan sektor publik pada masyarakat," kata dia.

Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa ASN harus mengikuti perkembangan teknologi dan mendukung program Literasi Digital.

"Sebagai ASN, harus betul-betul bijak dalam menggunakan internet. Kita juga harus dapat mengimplementasikan pilar-pilar Literasi Digital dalam kehidupan sehari-hari," terang Dyah.

Sesi pemaparan materi disampaikan sejumlah narasumber, yaitu: Kepala Lab Psikologi Kampus Bekasi BINUS University, Cornelia Istiani tentang budaya digital; Founder PT Kombas Digital Internasional, Oktani Fungsiana tentang etika berinternet; Praktisi IT, Teddy Sukardi tentang risiko penggunaan teknologi; dan Tri Hadiyanto Sasongko yang membawakan materi kecakapan digital.

KEYWORD :

Kemkominfo Literasi Digital ASN Kabupaten Purbalingga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :