Minggu, 19/05/2024 07:35 WIB

Abaikan Barat, India akan Terus Impor Minyak dari Rusia

Abaikan Barat, India akan Terus Impor Minyak dari Rusia.

India telah muncul sebagai pelanggan minyak terbesar Rusia setelah China menyusul boikot oleh pembeli Barat (Maxim Shipenkov/Pool via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - India akan terus membeli minyak Rusia karena menguntungkan bagi negaranya. Begitu kata Menteri Luar Negeri (Menlu) India, Subrahmanyam Jaishankar selama kunjungan pertamanya ke Rusia sejak menginvasi Ukraina.

Jaishankar bertemu Menlu Rusia, Sergey Lavrov di Moskow pada Selasa didampingi oleh pejabat senior yang bertanggung jawab atas pertanian, minyak bumi dan gas alam, pelabuhan dan pengiriman, keuangan, bahan kimia dan pupuk, dan perdagangan - yang katanya menunjukkan pentingnya hubungan dengan Rusia.

"Rusia telah menjadi mitra yang stabil dan teruji waktu. Setiap evaluasi obyektif dari hubungan kami selama beberapa dekade akan mengkonfirmasi bahwa itu benar-benar telah melayani kedua negara kami dengan sangat, sangat baik," kata Jaishankar dalam konferensi pers bersama.

"Sebagai konsumen minyak dan gas terbesar ketiga di dunia, konsumen yang tingkat pendapatannya tidak terlalu tinggi, merupakan kewajiban mendasar kami untuk memastikan bahwa konsumen India memiliki akses terbaik dengan persyaratan yang paling menguntungkan ke pasar internasional," katanya.

"Kami telah melihat bahwa hubungan India-Rusia telah berjalan dengan baik. Jika itu menguntungkan saya, saya ingin melanjutkannya," tambahnya.

India, yang belum secara eksplisit mengutuk apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina, telah muncul sebagai pelanggan minyak terbesar Rusia setelah China menyusul boikot oleh pembeli Barat.

Pengumuman Jaishankar datang menjelang kunjungan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen ke New Delhi akhir pekan ini, ketika ia diperkirakan akan membahas rencana Kelompok Tujuh (G7) untuk membatasi harga minyak Rusia dengan para pejabat India.

Pejabat AS dan negara-negara G7 telah melakukan negosiasi yang intens dalam beberapa pekan terakhir mengenai rencana yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membatasi harga pengiriman minyak melalui laut, yang dijadwalkan mulai berlaku pada 5 Desember untuk memastikan sanksi Uni Eropa dan AS tidak mencekik pasar minyak global.

Baik New Delhi dan Beijing sejauh ini menolak untuk bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia.

Lavrov memuji posisi India terkait tindakan Rusia di Ukraina dan menuduh negara-negara Barat berusaha mengkonsolidasikan peran dominan dalam urusan dunia dan mencegah demokratisasi hubungan internasional.

Rusia dan India juga sedang mempertimbangkan produksi bersama peralatan pertahanan modern, kata menteri luar negeri seperti dikutip oleh kantor berita TASS.

Tahun lalu, kedua negara menandatangani kesepakatan senilai $677 juta untuk memproduksi senapan serbu AK-203 di India sebagai bagian dari dorongan New Delhi untuk kemandirian dalam manufaktur pertahanan. India adalah salah satu pembeli peralatan pertahanan terbesar di dunia.

Moskow telah menjadi pemasok peralatan militer terbesar di New Delhi selama beberapa dekade. India mengimpor peralatan pertahanan Rusia senilai lebih dari $20 miliar antara 2011 dan 2021.

Menurut Lavrov, Rusia dan India juga ingin bekerja sama lebih erat di bidang energi nuklir dan perjalanan ruang angkasa.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Hubungan India dan Rusia Perang Rusia Ukraina Impor Minyak Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :