Jum'at, 03/05/2024 18:21 WIB

Berbagai Komunitas di Labuan Bajo Dibekali Literasi Digital

Berbagai Komunitas di Labuan Bajo Dibekali Literasi Digital

Kegiatan literasi digital di Labuan Bajo, NTT (Foto: Ist)

Labuan Bajo, Jurnas.com - Tak kurang dari 250 peserta yang terdiri dari masyarakat dan komunitas yang ada di wilayah Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dibekali kemampuan literasi digital melalui program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Gerakan Nasional Literasi Digital.

Kegiatan yang berlangsung pada 21-22 Oktober 2022 ini dihadiri oleh komunitas Fotografi Labuan Bajo, Musik Tradisional Labuan Bajo, Orang Muda, Bajo Peduli Sesama, Bhineka Muda, Komodo Vaporizer, dan Muslimah Labuan Bajo.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa selain membangun infrastruktur digital, pusat-pusat data, dan telekomunikasi di Indonesia, Kemkominfo juga mengadakan sekolah vokasi untuk menghasilkan tenaga kerja yang bertalenta digital.

"Kominfo menyiapkan program-program pelatihan digital pada tiga level, yaitu: Digital Leadership Academy yang merupakan program sekolah vokasi dan pelatihan yang diikuti oleh 200-300 orang per tahun, bekerja sama dengan delapan universitas ternama di dunia," kata Menkominfo dalam sambutannya secara daring.

"Digital Talent Scholarship sebagai program beasiswa bagi anak muda yang ingin meningkatkan kemampuan dan bakat digital. Dan yang terakhir, Workshop Literasi Digital yang dapat diikuti secara gratis bagi seluruh masyarakat di Indonesia," imbuh dia.

Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto menyampaikan urgensi Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia. Dia menyampaikan empat pilar digital sebagai kurikulum literasi digital, yang mampu menjadi bekal bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Manggarai Barat.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mendukung upaya pemerintah pusat serta mengajak masyarakat dan komunitas agar bersama-sama menjadi duta literasi digital, guna mencegah penyalaghunaan teknologi digital.

"45 persen warga Manggarai Barat telah memiliki melek digitalisasi. Harapannya bagaimana kita mampu memanfaatkan hal ini agar dunia digitalisasi dapat memberikan hal positif untuk edukasi maupun usaha di Manggarai Barat," papar Endi.

Kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital diisi oleh pegiat literasi dan wisata Labuan Bajo Siprianus Bhuka, tokoh pemuda Manggarai Barat Aloysius Suhartin Karya, serta berbagai penampilan kreatif.

KEYWORD :

Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo Literasi Digital Labuan Bajo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :