Jum'at, 26/04/2024 15:59 WIB

Kembali Digelar, GSI Jaring Talenta Muda Sepak Bola

Kembali Digelar, GSI Jaring Talenta Muda Sepak Bola

Pembukaan Gala Siswa Indonesia (GSI) 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kembali menggelar Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini berlangsung pada 18-30 Oktober 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengatakan bahwa ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang memfokuskan minat dan bakat peserta didik.

"Keberlanjutan GSI ini menjadi kunci untuk mencetak generasi muda yang cerdas, sehat, dan berkarakter. Selamat mengikuti pemusatan latihan di GSI 2022 untuk seluruh peserta" tegas Nadiem dalam siaran pers pada Sabtu (22/10).

Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Maman Wijaya mengapresiasi Kemdikbudristek yang terus mencari terobosan baru, dalam rangka melanjutkan pembinaan talenta muda di bidang olahraga khususnya sepak bola meski di tengah suasana pandemi.

Melalui GSI, dia meyakini akan melahirkan bakat pesepak bola profesional Indonesia yang tidak hanya andal di tingkat nasional, namun juga mampu diperhitungkan oleh klub sepak bola internasional.

"Menjadi kewajiban pemerintah pusat dan daerah untuk memikirkan aspek pembinaan berkelanjutan dimulai dari pencarian dan pengembangan bakat di tiap daerah hingga ke tingkat nasional," terang Maman.

Kepala BPTI Asep Sukmayadi, menyampaikan bahwa GSI tahun 2022 merupakan penyelenggaraan ke-5. GSI tahun 2022 yang diadakan secara luring diikuti oleh 102 peserta terpilih dari 79 SMP di 29 provinsi untuk mengikuti pemusatan latihan (training center) dengan standar pelatihan nasional (pelatnas) serta protokol kesehatan yang ketat.

Dia berharap ajang ini menjadi strategi untuk menciptakan inovasi pengembangan calon talenta muda sepak bola nasional di masa mendatang, dan wadah pembentukan karakter di bidang sepak bola.

"Kita gelorakan semangat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, dan berprestasi lebih hebat di bidang olahraga sepakbola," ucap Asep.

Gala Siswa Indonesia adalah sebuah kompetisi sepak bola antarpeserta didik jenjang SMP yang dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan (sekolah) sampai dengan tingkat nasional.

Tahun ini, panitia seleksi melaksanakan sistem penjaringan pemanduan bakat dalam bentuk keterampilan sepak bola yang direkam melalui video dari 9.267 peserta tingkat kecamatan, terseleksi menjadi 3.629 peserta tingkat kabupaten//kota, dan terseleksi 864 peserta tingkat provinsi yang diselenggarakan sejak Mei hingga Agustus 2022.

"Lewat pendekatan materi pelatihan yang memahami karakteristik tiap pemain di usia SMP serta menggunakan teknologi yang mendukung program kepelatihan, diharapkan akan menciptakan pemain berkualitas dan berkarakter positif serta memberikan edukasi kepada pelatih yang akan membantu para peserta dapat berprestasi selama menjalani pemusatan latihan," ujar Yeyen Tumena, Ketua Tim Talent Scouting GSI.

Selama satu minggu pertama para peserta akan menjalani pemusatan latihan (training camp) yang terbagi dalam enam tim yaitu tim Majapahit FC, Sriwijaya FC, Malaka FC, Bima FC, Kutai FC, dan Tidore FC serta dilatih oleh pelatih profesional dan mantan pemain timnas.

Selanjutnya pada minggu ke-2 akan ada pertandingan kecil, yang terbagi atas babak penyisihan dan babak perang bintang untuk kemudian akan mengerucut kepada 30 nama terpilih yang akan menjadi pemain terbaik.

KEYWORD :

Gala Siswa Indonesia GSI 2022 Sepak Bola Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :