Sabtu, 04/05/2024 10:14 WIB

Terpilih Jadi Ketum LVRI, Mantiri Berharap Negara Perhatikan Kesejahteraan Veteran

Mantiri juga berharap pemerintah segera membuat petunjuk pelaksana UU No.15 Tahun 2012, sehingga LVRI akan dapat secara leluasa melaksanakan misinya yang antara lain, program-program sosialisasi jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 (JSN 45).

Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) periode 2022-2027 Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri. Foto: Dok. Jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com – Kongres XII Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) telah resmi berakhir pada Rabu (12/10/2022). Salah satu keputusan kongres yang dilaksanakan selama dua hari tersebut adalah menunjuk Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri menjadi ketua umum LVRI periode 2022-2027, menggantikan Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun .

Dalam sambutannya, Mantiri, yang pernah menjabat Pangdam Udayana tersebut berharap agar negara semakin memperhatikan tingkat kesejahteraan para veteran, baik melalui alokasi APBN maupun APBD.

“Meningat para veteran pada umumnya hidup dalam kondisi ekonomi yang kurang mampu,” kata mantan Ketua Umum FORKI ini.

Mantiri juga berharap pemerintah segera membuat petunjuk pelaksana UU No.15 Tahun 2012, sehingga LVRI akan dapat secara leluasa melaksanakan misinya yang antara lain, program-program sosialisasi jiwa, semangat dan nilai-nilai 45 (JSN 45).

“Apalagi mencermati dan menyikapi kondisi bernegara saat ini yang telah muncul permasalahan yang berpotensi memecah belah bangsa melalui upaya penggantian dasar negara,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum LVRI Periode 2017-2022 Saiful Sulunmenyampaikan beberapa hal terkait hasil kongres tersebut

"Pertama, terhadap seluruh komponen bangsa mari mewujudkan amanah para pendiri bangsa dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan," tuturnya.

Dia juga mengemukakan bahwa Indonesia hanya satu dan kuncinya adalah persatuan. Tak hanya fisik namun juga persatuan dalam jiwa dan semangat.

Untuk itulah seluruh komponen bangsa harus bersatu membangun negeri dengan tetap berpegang teguh pada dasar negara Pancasila dengan mengutamakan kebersamaan, kesetiakawanan, dan kegotongroyongan.

“Serta bersama-sama menghadapi dan mengatasi segala permasalahan yang dapat membawa kehancuran," kata Saiful.

Pada kesempatan itu, Saiful juga berpesan kepada para veteran, mereka harus menyadari bahwa adalah anak kandung revolusi, yang menjadikan terbentuknya NKRI.

"Veteran harus berbangga hati dengan posisi yang terhormat di tengah masyarakat," ujarnya.

Veteran juga diharapkan tetap mengisi kemerdekaan dengan peran nyata dengan mengisi LVRI dengan veteran perdamaian.

“Termasuk melibatkan para pemuda panca marga (PPM) sebagai anak kandung veteran,” tuturnya.

KEYWORD :

HBL Mantiri LVRI Veteran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :