Senin, 06/05/2024 13:48 WIB

Kolam Buatan di Swiss Sukses Kembalikan Amfibi Terancam Punah

Kolam Buatan di Swiss Sukses Kembalikan Amfibi Terancam Punah

Kolam buatan di Swiss untuk mengembalikan populasi amfibi (Foto: BBC)

Bern, Jurnas.com - Swiss berhasil mengembalikan jumlah populasi sejumlah hewan amfibi, antara lain katak, kodok, dan kadal air yang sebelumnya berstatus terancam punah.

Kabar menggembirakan ini diketahui setelah para konservasionis menggali ratusan kolam baru di kanton Aargau. Hasilnya, jumlah amfibi meningkat secara signifikan.

"Populasi katak pohon Eropa khususnya meledak," kata para ilmuwan dikutip dari BBC pada Rabu (12/10).

Para ilmuwan berharap metode ini dapat digunakan secara global, karena pembuatan kolam dinilai cukup sederhana namun efektif.

Diketahui, populasi amfibi secara global mengalami penurunan yang signifikan karena berbagai faktor termasuk hilangnya habitat, urbanisasi, infrastruktur jalan, penyakit, dan spesies invasif.

Pada tahun 1999, Aargau memutuskan bahwa diperlukan upaya konservasi massal untuk memerangi hilangnya amfibi. Runtuhnya katak pohon Eropa menjadi perhatian khusus.

Otoritas negara, organisasi nirlaba, pemilik tanah swasta dan ratusan sukarelawan bekerja selama 20 tahun untuk membangun 422 kolam di lima wilayah di Aargau.

Kolam yang lebih tua tidak cocok untuk beberapa amfibi karena kurangnya ruang, jumlah pemangsa yang tinggi, dan vegetasi yang lebat. Dengan membuat kolam baru, para konservasionis memberi spesies lebih banyak ruang untuk berkembang.

Dari delapan spesies yang terancam punah, 52 persen di antaranya meningkatkan populasi regional mereka dan 32 persen lainnya tetap stabil.

Kepala penelitian, Dr Helen Moor, mengaku senang melihat peningkatan yang jelas dalam hal jumlah, mengingat solusi yang cukup sederhana ini.

"Spesies akan datang, mereka akan menetap dan mulai menggunakan ruang jika Anda menawarkannya kepada mereka," kata dia.

Kolam akan terus dipantau dan dikelola untuk memastikan spesies berkembang biak. Beberapa kolam juga perlu dibersihkan dari vegetasi dan dikeringkan untuk menghilangkan larva predator yang mengancam kecebong.

KEYWORD :

Hewan Amfibi Terancam Punah Kolam Buatan Swiss




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :