Minggu, 28/04/2024 03:44 WIB

Jatim Juara Umum OSN 2022, Ini Pesan Kapuspresnas

Jatim Juara Umum OSN 2022, Ini Pesan Kapuspresnas

OSN 2022 digelar secara daring (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Jawa Timur keluar sebagai juara umum dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022 tingkat SMA/MA, yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada 3-7 Oktober 2022 lalu.

Kontingen Jawa Timur mengoleksi 15 emas, 28 perak, dan 32 perunggu dengan total 75 trofi. Pemenang selanjutnya disusul oleh Banten (13 emas 10 perak 11 perunggu), Jawa Barat (12 emas 16 perak 22 trofi), DKI Jakarta (10 emas 21 perak 29 perunggu), dan Sumatera Utara (6 emas 6 perak 7 perunggu).

Dirjen PAUD Dikdasmen Kemdikbudristek, Iwan Syahril, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta OSN. Dia mengatakan, peserta selalu bersemangat membangun prestasi kendati mengalami keterbatasan akibat pandemi beberapa waktu lalu.

"Apresiasi setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada bapak dan ibu guru, para pendampingi, para orang tua yang selalu memberikan dukungan serta motivasi kepada anak-anak kita untuk terus percaya diri mengikuti OSN ini," kata Iwan secara virtual.

Sementara itu, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Kapusresnas) Kemdikbudristek, Asep Sukmayadi, menyebut OSN sebagai ajang menemukan dan mengembangkan bakat-bakat hebat di bidang matematika dan sains.

Selain itu, OSN juga bertujuan menjaring peserta didik menuju olimpiade sains tingkat internasional.

"Sepanjang itu para alumni telah banyak lahir baik yang menjadi juara atau yang menjadi peserta dan telah memetik pengalaman belajar serta berkompetisi yang sangat berharga bagi mereka," ujar Asep.

Kepada pemenang, Asep mengucapkan selamat dan berharap kemenangan tersebut dapat menjadi momentum untuk berprestasi pada level yang lebih tinggi.

"Dan kepada yang belum berhasil, jangan patah semangat masih ada kesempatan tahun depan untuk mencoba lagi," tambah Asep.

OSN 2022 jenjang SMA/MA yang digelar secara daring, diikuti oleh peserta didik jenjang SMA/MA serta peserta yang berasal dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Jumlah peserta seluruhnya 900 siswa untuk sembilan bidang lomba. Mereka para siswa terpilih dari 230.562 peserta seleksi di tingkat kab/kota (OSK), dan 19.650 peserta seleksi tingkat Provisni (OSP).

Seleksi daerah dilakukan bekerjasama dengan Pusat Assesment BSKAP dengan menggunakan jaringan/platform UTBK yang tersedia di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

KEYWORD :

OSN 2022 Jawa Timur Olimpiade Sains Asep Sukmayadi Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :