Rabu, 08/05/2024 12:17 WIB

Perkuat Peran Penyuluh, Mentan Syahrul Launching Mobil Digital Ngobrol Asyik

Perkuat Peran Penyuluh, Mentan Syahrul Launching Mobil Digital Ngobrol Asyik.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo didampingi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Submer Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono melaunching program Ngobras on the Spot, Jakarta, Kamis (6/10).

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melaunching program mobil Ngobras on the Spot dalam rangka menguatkan penyuluh dalam menghadapi ancaman krisis global.

"Acara ini menyatukan seluruh kekuatan pertanian untuk bisa berproduksi lebih baik dan bisa menjadi kebutuhan kita hari ini dan ke depan. Terlebih kita saat ini tengah menghadapi ancaman krisis pangan dunia akibat berbagai hal," ujar Syarhul di Kantor Pusat Kementan, Kamis (6/9).

Untuk diketahui, mobil Ngobras ini sudah dilengkapi dengan digital sistem yang terhubung langsung dengan beragam informasi terbaru. Bahkan, mobil ini termasuk mobil pintar karena bisa mendapatkan masukan-masukan dari para pakar pangan nasional.

"Mobil Ngobras ini menguatkan digital system yang selama ini kita bangun karena bisa mengkonektingkan kebutuhan-kebutuhan dari apa yang kita obrolkan. Misalnya ke depan ini seperti apa cuaca yang ada nanti kita bisa hubungkan dengan BMKG. Semua bisa dikomunikasikan karena mobil ini sudah dilenglapi teknologi," katanya.

Selain itu, kata Syahrul, mobil Ngobras ini juga dapat memantau situasi harga terkini mengenai kebutuhan bahan pokok di seluruh Indonesia. Nantinya, penyuluh akan melaporkan langsunh kondisi dan dinamika di lapangan.

"Jadi saya sangat yakin dengan mobil ngobras ini kita bisa memantau apa saja yang berkaitan dengan informasi pertanian. Dan yang pasti, kita bisa langsung membicaraknya dengan para ahli atau pakar pangan nasional," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menambahkan, salah satu program Kementan adalah digitalisasi pertanian. Olehnya itu, penyuluhan pertanian juga harus memasuki digitalisasi.

"Kalau dulu penyuluhan itu Sistem Latihan Kunjungan dan Supervisi (Laku Susi), sekarang lakususi Laku Susi plus Teknologi Informasi (IT), bagaimana kita menafaatkan IT termasuk Internet of Things untuk melakan penyuluhan pertanian," tutur Dedi.

Dedi mengatakan, salah bentuk penerapan digitalisasi penyuluhan yang dilakukan di BPPSDMP adalah Ngobras Penyuluhan dan Ngobras on the Spot. Ngobras on the spot dialkukan di sentra-sentra produksi.

"Jadi, ini adalah sarana berupa kendaraan dan di sini ada peralatan Ngobras dan yang tidak kalah penting di dalam ada pelaralatan IT dan Internet of Things yang dari sini kita bisa broadcast ke seluruh penyuluh dan petani di tanah air," imbuh Dedi.

 

 

KEYWORD :

Ngobras on the Spot Syahrul Yasin Limpo Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :