Jum'at, 03/05/2024 14:51 WIB

Kemkominfo Ajak Mahasiswa Biasakan "Saring sebelum Sharing"

Kemkominfo Ajak Mahasiswa Biasakan

Kuliah umum literasi digital di Universitas Bali Internasional (Foto: Ist)

 

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengajak mahasiswa membiasakan diri menggali informasi secara benar. Pasalnya, di tengah gempuran teknologi saat ini, banyak informasi salah yang bertebaran di media sosial.

Hal ini disampaikan Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkomunfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, dalam kegiatan kuliah umum literasi digital di Universitas Bali Internasional, Denpasar, Bali.

Kegiatan yang diikuti oleh 400 peserta ini bertujuan memberikan edukasi mengenai literasi digital kepada mahasiswa baru, agar dapat memaksimalkan pemanfaatan internet secara positif, kreatif, dan produktif.

"Di era global ini, kita sebagai masyarakat informasi jangan sampai terkena informasi yang salah, saring sebelum sharing, jangan terprovokasi, dan jangan terbawa oleh fenomena post-truth," ujar Bonifasius.

Selain melakukan literasi digital kepada masyarakat, lanjut Bonifasius, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur digital, agar terjadi pemerataan akses digital, di antaranya dengan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (Satria) pada 2023 mendatang.

"Sehingga diharapkan saudara-saudara di luar pulau Jawa khususnya di bagian pelosok timur dapat memanfaatkan internetnya dengan satelit satria," imbuh dia.

Rektor Universitas Bali Internasional yang diwakili oleh Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Indonesia, I Nyoman Gede Astina, menyambut baik pelaksanaan kuliah umum mengenai literasi digital.

"Semoga mahasiswa dan mahasiswi UNBI menjadi pembelajar yang beretika, mampu mendapatkan peluang-peluang di luar kampus, dan menjadi inspirasi bagi sekitar," ujar Astina.

Kegiatan kuliah umum literasi digital sektor Pendidikan tingkat perguruan tinggi melalui kegiatan PKKBM merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemkominfo. Program ini dilaksanakan dengan memberikan literasi mengenai teknologi digital melalui sektor pendidikan.

KEYWORD :

Literasi Digital Universitas Bali Internasional Kemkominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :