Jum'at, 26/04/2024 19:00 WIB

Borong 19 Medali, Jabar Juara Umum O2SN 2022

Borong 19 Medali, Jabar Juara Umum O2SN 2022

Jawa Barat juara ajang O2SN 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Provinsi Jawa Barat (Jabar) berhasil membawa pulang gelar juara umum dari ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional tahun 2022. Jabar mengumpulkan total 19 medali, yang terdiri dari sembilan medali emas, lima medali perak, dan lima medali perunggu.

Kompetisi O2SN yang berlangsung secara hibrida pada 4-9 September 2022, dihelat oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), dan diikuti oleh 1.351 peserta dari jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, dan SDLB/SMPLB.

"Selamat kepada para finalis yang telah lolos ke babak final dan para pemenang kompetisi O2SN tahun 2022. Jangan berkecil hati yang belum berkesempatan meraih juara, masih ada kesempatan lain untuk berprestasi," kata Direktur SMK, Wardani Sugiyanto dalam keterangan pers pada Minggu (11/9) kemarin..

Wardani mengatakan bahwa olahraga membangun karakter disiplin, membangun karakter sportif bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter pejuang dan pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam kerja sama, dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme.

"Sebagai seorang pecinta olahraga, menjadi kebanggaan tersediri, saya dapat menyapa anak-anak peserta O2SN. Kalian menjadi bukti generasi muda Indonesia yang tangguh meski di tengah pandemi tetap memiliki semangat untuk berkompetisi," sambung dia.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Muslih dalam laporannya menyampaikan bahwa O2SN 2022 mempertandingkan sembilan cabang olahraga (cabor), yaitu Pencak Silat dan Karate untuk jenjang Dikdasmen, Tolak Peluru, Bocce, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Basket, Balap Kursi Roda, dan Lompat Jauh tanpa awalan untuk jenjang Diksus. Seluruh cabor menghasilkan 84 siswa peraih medali.

"Peraih medali tersebut dengan rincian 24 peraih medali emas, 24 peraih medali perak serta 36 peraih medali perunggu Selain medali, para pemenang akan mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan," urai Muslih.

Sebagai informasi, total pendaftar peserta O2SN tahun 2022 berjumlah 10.490 pendaftar telah melalui seleksi penyisihan pada tingkat kabupaten/kota dan provinsi serta turut diikuti oleh perwakilan siswa Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).

Adapun lima besar provinsi yang meraih medali terbanyak berturut-turut setelah Provinsi Jawa Barat, yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

KEYWORD :

O2SN Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Kemdikbudristek Jawa Barat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :