Kamis, 02/05/2024 05:49 WIB

Inkonsistensi VAR Bikin Mikel Arteta Murka

Inkonsistensi VAR Bikin Mikel Arteta Murka

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Inkonsisten video asisten wasit (VAR) membuat pelatih Arsenal, Mikel Arteta, marah bukan main. Gol The Gunners dalam laga tandang melawan Manchester United (MU) pada Minggu (8/5) dibatalkan gegara VAR.

Hal itu terjadi ketika pertandingan memasuki menit ke-11. Penetrasi dan tendangan yang dilakukan Gabriel Martinelli, gagal diantisipasi oleh David de Gea. Alih-alih mengesahkan, wasit memilih memeriksa VAR.

Sang pengadil lapangan membatalkan gol Martinelli. Alasannya, Martin Odegaard yang mengoper Martinelli, dianggap terlebih dahulu melakukan pelanggaran terhadap Christian Eriksen.

Menurut Arteta, pembatalan itu merugikan dan memengaruhi penampilan timnya, sehingga pertandingan berakhir 3-1 untuk tim tuan rumah. Dia juga mempertanyakan VAR yang kerap kali tidak konsisten dalam menilai pelanggaran.

"Kurangnya konsistensi. Minggu lalu, ada pelanggaran terhadap Aaron (Ramsdale) tapi VAR cukup lunak dan menilai itu bukan pelanggaran. Ada juga pelanggaran terhadap Bukayo (Saka), VAR lagi-lagi itu bukan penalti," kata Arteta dikutip dari Goal pada Senin (5/9).

"Hari ini hal semacam itu adalah pelanggaran. Ambang batas di babak pertama, Anda bisa melihat tidak ada kartu kuning karena ingin mempertahankan ambang batas dalam pertandingan besar. Benar-benar sulit dipahami," imbuh dia.

Arsenal kehilangan poin pertama musim ini, setelah secara mengejutkan mengoleksi lima kemenangan beruntun di Liga Premier. The Gunners yang unggul satu poin di puncak klasemen, akan kembali beraksi pada Jumat ini untuk menghadapi FC Zurich di Liga Europa.

KEYWORD :

VAR Video Asisten Wasit Mikel Arteta MU vs Arsenal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :