Senin, 29/04/2024 09:12 WIB

Haul Gus Dur Penting di Saat Bangsa Rentan Konflik

Gus Dur sebagai seorang humoris, Gus Dur dilihat dari sisi sebagai orang yang memiliki hubungan dengan alam ghaib, dan lain-lain.

Diskusi Haul Gud Dur yang dilaksanakan MMD Innitiative

Jakarta - MMD Initiative menggelar acara peringatan haul ke 7 meninggalnya mantan Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kantor MMD Initiative Jalan Dempo, Pegangsaan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017). Acara tersebut dikemas dengan serasehan diskusi bertema "Gus Dur adalah aktifis".

Direktur MMD Initiative,  Mahfud MD menjelaskan,  pada acara haul meninggalnya Gus Dur kali ini, dirinya sengaja mengambil tema dengan menyesuaikan pada situasi nasional yang ditandai ketegangan politik.

"Sangat tepat saat ini kita mengenang Gus Dur dalam haul hari wafatnya Gus Dur ini. Nah kenapa saya katakan ini penting,  karena situasi kebangsaan kita sangat rentan konflik. Sehinga malam ini mengambil topik Gus Dur sebagai aktivis," ujar Mahfud dalam sambutannya. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyampaikan Gus Dur merupakan sosok dengan berbagai karakter dan kelebihannya. "Misalnya, Gus Dur sebagai seorang humoris, Gus Dur dilihat dari sisi sebagai orang yang memiliki hubungan dengan alam ghaib, dan lain-lain," ungkap mantan Menteri Pertahanan di era pemerintahan Gus Dur ini.

Dalam acara tersebut hadir hadir istri mendiang Gus Dur,  Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Selain itu, ada Menteri Koordinator ko Maritim,  Luhut Binsar Panjaitan, Pengamat Politik CSIS J Kristiadi, Mantan Menteri Sekretaris Negara Bondan Gunawan, Mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Masykur Musa, Mantan Menteri luar Negeri,  Alwi Shihab dan sejumlah tokoh nasional dan pimpinan agama lainnya.

KEYWORD :

Haul Gus Dur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :