Jum'at, 03/05/2024 14:51 WIB

Potret Langka Planet Jupiter Tertangkap Teleskop James Webb

Potret Langka Planet Jupiter Tertangkap Teleskop James Webb

Penampakan Planet Jupiter yang diabadikan teleskop James Webb (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Teleskop ruang angkasa terbesar dan terkuat di dunia, James Webb, berhasil mengabadikan pemandangan planet Jupiter yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) mengambil gambar planet terbesar Tata Surya itu pada Juli lalu. Gambar-gambar yang dirilis menunjukkan aurora, badai raksasa, bulan dan cincin yang mengelilingi Jupiter.

Gambar inframerah diberi warna artifisial untuk menonjolkan fiturnya. Ini karena cahaya inframerah tidak terlihat oleh mata manusia.

"Kami belum pernah melihat Jupiter seperti ini. Semuanya sangat luar biasa," kata astronom planet Imke de Pater dari University of California, yang memainkan peran kunci dalam proyek tersebut dikutip dari BBC pada Rabu (24/8).

"Kami tidak benar-benar mengharapkannya menjadi sebaik ini, sejujurnya," tambah dia.

JWST merupakan misi internasional yang dipimpin oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA, dengan mitranya dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Kanada.

NASA mengatakan bahwa dalam tampilan Jupiter yang berdiri sendiri, aurora meluas ke ketinggian tinggi di atas kutub utara dan selatan Jupiter. Aurora adalah pertunjukan cahaya di langit di atas planet yang disebabkan oleh interaksi dengan partikel yang mengalir menjauh dari Matahari.

Sementara itu, Bintik Merah Besar, badai terkenal yang begitu besar sehingga bisa menelan Bumi, tampak putih. Ini karena memantulkan banyak sinar matahari.

Diketahui, JWST diluncurkan pada Desember 2021, dan saat ini diposisikan sekitar satu juta mil (1,6 juta km) dari Bumi. Teleskop tersebut dapat mendeteksi cahaya yang mulai bergerak menuju Bumi 13 miliar tahun yang lalu, tak lama setelah Big Bang.

Sebagai penerus teleskop Hubble yang terkenal, JWST diharapkan menjadi kekuatan dominan untuk penemuan dalam 20 tahun ke depan.

KEYWORD :

Planet Jupiter Teleskop James Webb JWST




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :