Rabu, 22/05/2024 08:48 WIB

AS Tuding China Manfaatkan Kunjungan Pelosi Ubah Status Quo di Selat Taiwan

AS tuding China manfaatkan kunjungan Pelosi ubah status quo di Selat Taiwan.

Sebuah jet militer China terbang di atas pulau Pingtan, salah satu titik terdekat China daratan dari Taiwan (Foto: AFP/Hector RETAMAL)

JAKARTA, Jurnas.com - Koordinator Indo-Pasifik Amerika Serikat (AS), Kurt Campbell mengatakan, China bereaksi berlebihan terhadap kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan dan menggunakannya sebagai dalih untuk mencoba mengubah status quo di Selat Taiwan.

"China telah bereaksi berlebihan dan tindakannya terus menjadi provokatif, tidak stabil dan belum pernah terjadi sebelumnya," kata Campbell kepada wartawan melalui telepon.

Menurut Campbell, reaksi China yang berlebihna tersebut sebagai bagian dari kampanye tekanan intensif terhadap Taiwan.

"Itu belum berakhir dan kami berharap itu akan terus berlanjut dalam beberapa minggu dan bulan mendatang," kata Campbell, menambahkan bahwa beberapa kapal perang China tetap berada di sekitar Taiwan, sebuah pulau yang memiliki pemerintahan sendiri.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen mengatakan pada Kamis bahwa ancaman kekuatan China tidak berkurang, meskipun latihan militer terbesar Beijing di sekitar pulau itu setelah kunjungan Pelosi minggu lalu tampaknya akan berkurang.

Campbell menegaskan kembali bahwa AS akan melakukan transit udara dan laut standar melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu mendatang, dan akan mengumumkan "peta jalan ambisius" untuk negosiasi perdagangan dengan Taiwan dalam beberapa hari mendatang.

"Dan kami akan memastikan bahwa kehadiran, postur, dan latihan kami bertanggung jawab atas perilaku China yang lebih provokatif dan tidak stabil, dengan pandangan untuk mengarahkan situasi di Pasifik barat menuju stabilitas yang lebih besar," katanya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat China Status Quo di Selat Taiwan Nancy Pelosi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :