Kamis, 02/05/2024 02:39 WIB

Turki Lanjutkan Eksplorasi Gas di Mediterania Timur

Turki lanjutkan eksplorasi gas di Mediterania timur.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berpose dengan kapal bor baru Turki Abdulhamid Han di pelabuhan Tasucu di kota Mersin, Turki Mediterania (Kantor Pers Presiden/Handout via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Hampir dua tahun setelah Turki menghentikan eksplorasi gas lepas pantai di perairan yang diperebutkan di Mediterania timur, sebuah kapal bor Turki berangkat dari pelabuhan Mersin untuk mencari gas di wilayah tersebut.

Kapal bor Abdullhamid Han berlayar pada Selasa (9/8) dengan restu dari Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang mengatakan bahwa kapal tersebut akan beroperasi 55km (34,2 mil) di lepas pantai Turki di daerah dalam wilayah kedaulatan negara itu.

"Pekerjaan survei dan pengeboran yang kami lakukan di Mediterania berada dalam wilayah kedaulatan kami. Kami tidak perlu menerima izin atau persetujuan dari siapa pun untuk ini," kata Erdogan pada upacara peluncuran kapal.

Mediterania timur, dengan potensi gas alam yang besar, dapat menjadi titik nyala perselisihan regional dan lebih luas setelah invasi Rusia ke Ukraina memicu krisis energi global dan mengirim importir berebut sumber hidrokarbon alternatif.

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki, Fatih Donmez telah mengumumkan pada 26 Juli bahwa kapal bor generasi terakhir sepanjang 238 meter (781 kaki) akan meninggalkan Turki ke lokasi yang tidak ditentukan.

Sehari sebelum Donmez membuat pengumuman, Menteri Energi Siprus, Natasa Pilides, mengatakan upaya Eropa mengurangi ketergantungan pada gas alam Rusia telah meningkatkan kepentingan strategis dari temuan lepas pantainya.

"Eropa adalah pelanggan potensial yang baik untuk gas Siprus," kata Pilides kepada Bloomberg.

"Uni Eropa telah mengkonfirmasi bahwa gas alam akan tetap menjadi bahan bakar jembatan hingga 2049 sebagai bagian dari transisi hijau sehingga perusahaan sekarang memiliki kenyamanan untuk dapat mengamankan kontrak jangka panjang," tambahnnya.

Eksplorasi gas terus berlanjut di blok-blok lepas pantai Siprus sejak ladang gas ditemukan pada awal 2000-an. Hasil awal dari pengeboran penilaian terbaru oleh konsorsium Total Prancis dan ENI Italia minggu ini mengkonfirmasi deposit gas alam yang besar di blok 6 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Siprus.

Pilides mengatakan, sebagai negara kecil, Siprus tidak membutuhkan banyak gas alam untuk keperluan domestik, menyisakan lebih banyak untuk ekspor.

Tetapi Turki – yang pada tahun 2019 membayar tagihan impor gas senilai $40 miliar dan tidak mengakui Siprus sebagai negara berdaulat yang berhak atas ZEE-nya sendiri – telah menegaskan hak berdaulatnya untuk mengebor cadangan energi di lepas pulau yang terbagi.

"Turki memiliki rencana jangka panjang untuk menjadi pusat energi di kawasan dan memainkan peran penting dalam keamanan energi Uni Eropa," kata Penasihat Kebijakan Luar Negeri Turki, Umud Shokri kepada Al Jazeera.

Ambisinya, bagaimanapun, telah berulang kali frustrasi. Pada Januari 2019, Forum Gas Mediterania Timur – sebuah badan multinasional yang berkantor pusat di Kairo – menyatukan pemerintah termasuk Israel dan Otoritas Palestina, tetapi mengecualikan Turki.

Setahun kemudian, Siprus, Yunan,i dan Israel menandatangani perjanjian untuk membangun pipa EastMed sepanjang 1.872 kilometer (1.163 mil) untuk mengangkut gas lepas pantai Siprus ke Yunani dan Italia.

Sementara memotong sebagian melalui wilayah maritim yang diklaim oleh Turki akan menjadi rute tercepat dan termurah, proyek tersebut menghindari wilayah tersebut. "Turki ditinggalkan di luar persamaan di Mediterania timur," kata Shokri.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Eksplorasi Gas Lepas Pantai Mediterania Timur Kapal Bor Turki Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :