Minggu, 05/05/2024 14:19 WIB

Rencana Uni Eropa Kurangi Penggunaan Gas 15 Persen Mulai Berlaku

Rencana Uni Eropa kurangi penggunaan gas 15 persen mulai berlaku.

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

JAKARTA, Jurnas.com - Rencana Uni Eropa untuk memangkas konsumsi gas di seluruh blok sebesar 15 persen untuk mengatasi krisis harga energi yang dipicu perang Rusia di Ukraina mulai berlaku pada Selasa (9/8).

Peraturan Uni Eropa yang mengabadikan rencana yang disepakati dua minggu lalu oleh blok 27 negara itu diterbitkan Senin dalam lembaran resmi administrasi Uni Eropa. Ketentuan itu akan berlaku mulai Selasa.

"Mengingat bahaya yang akan segera terjadi terhadap keamanan pasokan gas yang ditimbulkan oleh agresi militer Rusia terhadap Ukraina, peraturan ini harus mulai berlaku sebagai hal yang mendesak," katanya.

Tujuannya adalah agar Uni Eropa dapat meningkatkan cadangan gasnya tepat waktu untuk apa yang kemungkinan akan menjadi musim dingin yang sangat sulit. Rumah tangga dan bisnis Eropa sedang diperas oleh meroketnya harga energi dan pengurangan gas Rusia yang menjadi ketergantungan beberapa negara anggota.

Peraturan tersebut mengatakan bahwa negara-negara Uni Eropa harus menggunakan upaya terbaik mereka untuk mengurangi konsumsi gas setidaknya 15 persen antara Agustus tahun ini dan Maret tahun depan, berdasarkan berapa banyak yang mereka gunakan rata-rata selama lima tahun sebelumnya.

Bagaimanapun, beberapa negara Uni Eropa telah dengan ketat mengikuti aturan yang disebut pengurangan permintaan gas dengan sukarela.

Negara-negara ini tidak sepenuhnya terhubung ke jaringan listrik Eropa atau dengan jaringan pipa gas ke bagian lain Uni Erpa atau tidak dapat membebaskan pipa gas yang cukup untuk membantu negara-negara anggota lainnya.

Hungaria, yang bergantung pada pipa gas langsung dari Rusia, telah menuntut pengecualian. Jerman, kekuatan ekonomi Uni Eropa, mengambil bagian besar dari 40 persen impor gas Uni Eropa yang berasal dari Rusia tahun lalu.

Jika Komisi Eropa melihat "kekurangan pasokan gas yang parah" atau permintaan gas yang sangat tinggi muncul, ia dapat meminta negara-negara Uni Eropa untuk menyatakan peringatan untuk blok tersebut. Itu akan membuat pemotongan gas mengikat dan membatasi pengecualian.

Sementara Uni Eropa belum memasukkan gas Rusia dalam sanksinya terhadap Moskow untuk perang di Ukraina, Kremlin tetap secara drastis memotong pasokan dalam apa yang tampaknya Brussel lakukan sebagai upaya untuk memperkuat Eropa.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Pengurangan Penggunaan Gas Uni Eropa Perang Rusia dan Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :