Senin, 29/04/2024 14:25 WIB

AS Sebut Iran Bersiap Beri Rusia Drone untuk Digunakan di Ukraina

AS sebut Iran bersiap beri Rusia drone untuk digunakan di Ukraina.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih AS Jake Sullivan berbicara kepada media berita tentang situasi di Ukraina selama konferensi pers harian di Gedung Putih di Washington, AS, 11 Februari 2022. Reuters/Leah Millis/File Photo

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mengatakan, Iran sedang bersiap untuk memberi Rusia beberapa ratus drone untuk digunakan dalam perangnya di Ukraina. Disebutkan bahwa sesi pelatihan akan dimulai pada awal bulan ini.

"Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat," kata Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan dalam konferensi pers.

"Informasi kami lebih lanjut menunjukkan bahwa Iran sedang mempersiapkan untuk melatih pasukan Rusia untuk menggunakan UAV ini, dengan sesi pelatihan awal yang dijadwalkan akan dimulai pada awal Juli," tambahnya.

Sullivan mengatakan tidak jelas apakah Iran telah mengirimkan drone ke Rusia. "Tapi ini hanya salah satu contoh bagaimana Rusia melihat ke negara-negara seperti Iran untuk kemampuan yang juga digunakan untuk menyerang Arab Saudi," katanya.

Sullivan menanggapi pertanyaan apakah AS percaya Rusia akan terus gagal dalam tujuan utamanya merebut ibukota Ukraina, Kyiv. Ia mengatakan, AS yakin bahwa keberanian Ukraina dan dukungan Barat untuk Ukraina akan memungkinkan negara untuk mempertahankan ibukotanya.

Pejabat AS itu menunjukkan biaya berat yang harus ditanggung Rusia di medan perang, tepatnya mengenai pemeliharaan senjatanya sendiri.

"Dari sudut pandang kami, kami akan terus melakukan bagian kami untuk membantu mempertahankan pertahanan efektif Ukraina dan untuk membantu Ukraina menunjukkan bahwa upaya Rusia untuk mencoba dan menghapus Ukraina dari peta tidak dapat berhasil," kata Sullivan.

Sumber: Alarabiya News

KEYWORD :

Amerika Serikat Invasi Rusia Ukraina Bantuan Drone Iran Jake Sullivan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :