Minggu, 19/05/2024 14:22 WIB

Waspada, Ibu Hamil yang Anemia Plasentanya Tipis dan Bayinya Kecil

Hasto menyampaikan tentang perlunya ikhtiar yang baik sebelum terjadinya pernikahan untuk mencegah stunting. 

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo Hal ini ia sampaikan pada saat menjadi narasumber dalam acara Damai Indonesiaku bertema Membangun Keluarga Harmonis dan Sehata dalam Islam yang disiarkan langsung dari Masjid Azzuriyah BKKBN Pusat di stasiun televisi TV One, Selasa malam (19/4).

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan bahwa ibu hamil yang mengalami anemia plasentanya tipis dan bayinya kecil hingga berpotensi stunting.

Hal ini ia sampaikan pada saat menjadi narasumber dalam acara "Damai Indonesiaku" bertema "Membangun Keluarga Harmonis dan Sehata dalam Islam" yang disiarkan langsung dari Masjid Azzuriyah BKKBN Pusat di stasiun televisi TV One, Selasa malam (19/4).

Hasto menyampaikan tentang perlunya ikhtiar yang baik sebelum terjadinya pernikahan untuk mencegah stunting. Ikhtiar tersebut di antaranya adalah melakukan memeriksakan kesehatan sebelum menikah.

"Kita sering dinasihati sebelum nikah tetapi ada yang paham ada yang tidak. Sebetulnya kita harus sempurnakan ikhtiar, meluruskan niat, baru tawakal. Salah satu untuk menyempurnakan ikhtiar kita harus periksa kesehatan sebelum menikah. Remaja perempuan yang mau nikah sebanyak 36 persen anemia, tapi tidak ada yang diperiksa kesehatannya," tandas Hasto.

Hasto pun menambahkan bahwa tidak lebih dari 5 orang dari 100 orang calon pengantin yang telah memeriksa Hb, anemia atau tidak, mengukur lingkar lengan atas dan lainnya.

Maka dari itu pada 11 Maret 2022 lalu BKKBN bersama Kementerian Agama telah meluncurkan kebijakan bahwa seluruh calon pengantin wajib memeriksakan kesehatannya 3 bulan sebelum menikah.

Habib Ahmad Al Kaff dalam ceramahnya menegaskan, tidak hanya sehat jasmani, sebelum menikah para calon pengantin juga harus diajarkan tentang agama.

"Hal ini dikarenakan mereka harus berakhlak, menjadi suami dan istri yang saling menghormati dan menghargai, serta menghasilkan generasi yang sehat dan berakhlak, menghormati orangtuanya," ujarnya.

KEYWORD :

Ibu Hamil Anemia Plasenta Tipis Bayi Kecil Hasto Wardoyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :