Senin, 29/04/2024 18:48 WIB

Absen Debat, Agus Yudhoyono Sadar Diri

Cagub DKI Jakarta Agus Yudhoyono beberapa kali absen dalam acara debat kandiat yang digelar salah satu stasiun televisi swasta. Apa alasannya?

Agus Harimurti Yudhoyono

Jakarta - Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Agus Yudhoyono beberapa kali absen dalam acara debat kandiat yang digelar salah satu stasiun televisi swasta. Apa alasannya?

Menurut Pengamat Politik Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin, Agus belum memiliki kesiapan untuk berdebat dengan dua kandidat lainnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Baswedan.

Agus, kata Said, tentu jauh berbeda dengan Ahok dan Anies secara diplomasi. Sebab, Ahok dan Anies sudah memiliki pengetahuan dalam mengelola pemerintahan dan pengalaman politik yang cukup panjang.

"Agus menyadari kemampuan dalam berorasi, kemampuan dalam memahami persoalan DKI, merasa kurang. Karena kalau Anies pernah jadi menteri, jadi tahu mengelola pemerintahan, Ahok juga seperti itu," kata Said, kepada Jurnas.com, Jumat (23/12).

Atas dasar itu, lanjut Said, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sadar diri untuk tidak hadir dalam undangan debat tersebut. Jika tidak, maka akan mempengaruhi elektabilitas Agus sebagai kandidat Cagub DKI.

"Pengetahuan Agus, jika harus dilakukan debat sebelum debat resmi KPU, itu dikhawatirkan mengurangi tingkat keterpilihan kepada dirinya," tegasnya.

Untuk itu, kata Said, Agus sedang mempersiapkan mental sekaligus bahan persoalan DKI untuk dijadikan acuan dalam acara debat resmi yang akan digelar KPU sebagai penyelenggara Pilkada nanti.

"Tapi ketika sudah masuk debat resmi, maka mau tidak mau harus siap. Karena saat ini dia masih tahap merumuskan hasil blusukannya itu, mencari masalah di DKI," terangnya.

KEYWORD :

Debat Cagub DKI Agus Yudhoyono Pilkada DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :