Kamis, 02/05/2024 08:54 WIB

COVID-19 Melonjak, AS Biarkan Staf Tinggalkan Konsulat Shanghai

Sekitar 25 juta penduduk kota itu dikurung secara bertahap minggu lalu, memicu keluhan kekurangan makanan dan video viral dari penduduk yang tidak puas bentrok dengan pejabat.

Seorang pria membantu seorang wanita untuk mengkonsumsi paket obat tradisional Tiongkok (TCM) Lianhua Qingwen, saat dia duduk di pinggir jalan di luar kompleks perumahan, selama penguncian untuk mengekang penyebaran penyakit coronavirus (COVID-19) di Shanghai, Cina 5 April 2022. REUTERS/Aly Song

SHANGHAI, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperingatkan tindakan "sewenang-wenang" COVID-19 di China dan mengatakan akan membiarkan beberapa staf meninggalkan konsulat Shanghai di tengah lonjakan infeksi di kota besar yang terkunci itu.

Hingga Maret, China telah menjaga kasus tetap rendah dengan penguncian cepat, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan, tetapi lebih dari 100.000 kasus telah dilaporkan di Shanghai sejak Maret dalam pengujian kebijakan ketat nol-COVID negara itu.

Dikutip dari AFP, sekitar 25 juta penduduk kota itu dikurung secara bertahap minggu lalu, memicu keluhan kekurangan makanan dan video viral dari penduduk yang tidak puas bentrok dengan pejabat.

Departemen Luar Negeri AS sekarang akan mengizinkan karyawan yang tidak penting untuk meninggalkan konsulatnya di Shanghai "karena lonjakan kasus COVID-19 dan dampak pembatasan terkait dengan tanggapan", kata juru bicara kedutaan AS dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu memperingatkan warga untuk mempertimbangkan kembali bepergian ke China, karena penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang dan pembatasan terkait COVID-19.

Pernyataan itu menambahkan bahwa kedutaan di Beijing telah menyampaikan keprihatinannya atas tindakan tersebut dengan pemerintah China.

Shanghai melaporkan lebih dari 23.000 infeksi baru pada Sabtu - sebagian besar tanpa gejala, terhitung lebih dari 90 persen infeksi domestik baru di negara itu.

Pemerintah kota telah menyiapkan ribuan tempat tidur baru di lebih dari 100 rumah sakit darurat, kata wakil walikota Shanghai Zong Ming dalam konferensi pers Sabtu.

Yang terbesar di antaranya, rumah sakit dengan 50.000 tempat tidur di Pusat Pameran dan Konvensi Nasional, dibuka Sabtu menurut kantor berita negara Xinhua.

Sebagai bagian dari kebijakan nol-COVID China, pihak berwenang bersikeras untuk mengisolasi setiap orang yang dites positif di bangsal rumah sakit - yang telah membuat fasilitas yang ada dibanjiri pasien, bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala yang parah.

Sementara itu penduduk setempat mulai kesal dengan pembatasan penguncian. Banyak yang menggunakan media sosial mengeluhkan kekurangan makanan dan mengungkapkan kemarahan atas pembunuhan baru-baru ini seekor corgi hewan peliharaan oleh petugas kesehatan, karena takut terinfeksi.

Kebijakan tidak populer untuk memisahkan anak-anak yang terinfeksi dari orang tua mereka yang bebas virus dilunakkan minggu ini setelah memicu kemarahan publik.

Tetapi Beijing tetap berpegang pada pendekatan tanpa toleransi dan bertekad untuk menekan wabah Shanghai, mengirim pekerja medis dari seluruh negeri sebagai bala bantuan.

Pejabat Shanghai mengatakan Sabtu mereka berencana untuk melakukan putaran baru tes PCR pada seluruh penduduk kota, setelah itu akan mulai melonggarkan aturan di beberapa lingkungan - asalkan mereka memenuhi persyaratan ketat tidak ada infeksi dalam 14 hari terakhir.

KEYWORD :

Amerika Serikat China Penanganan COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :