Kamis, 09/05/2024 11:36 WIB

Chanel Berhenti Jual Produknya ke Warga Rusia di Luar Negeri

Chanel mematuhi sanksi perdagangan yang dikenakan pada Rusia oleh Uni Eropa, Swiss, dan lainnya yang melarang transaksi dengan individu yang ditunjuk.

Merek fesyen tinggi Prancis Chanel mengatakan akan berhenti menjual pakaian, parfum, dan barang mewah lainnya kepada pelanggan Rusia di luar negeri sebagai tanggapan berani terhadap invasi Moskow ke Ukraina. (Foto AP/Matt Dunham, File)

PARIS, Jurnas.com - Merek fesyen mewah Chanel mengatakan telah berhenti menjual pakaian, parfum, dan barang mewah lainnya kepada pelanggan Rusia di luar negeri jika mereka berencana untuk membawa pulang produk tersebut.

Langkah yang dikecam beberapa warga Rusia, terjadi setelah perusahaan Paris menutup butiknya di Rusia. Banyak perusahaan di semua industri telah menghentikan bisnis di negara itu sebagai tanggapan atas perang.

Dikutip dari AP, Langkah lebih lanjut ini, kata Chanel pada Rabu (6/4), hanyalah kasus mematuhi sanksi perdagangan yang dikenakan pada Rusia oleh Uni Eropa, Swiss, dan lainnya yang melarang transaksi dengan individu yang ditunjuk.

"Undang-undang sanksi Uni Eropa dan Swiss terbaru mencakup larangan penjualan, pasokan, transfer, atau ekspor, secara langsung atau tidak langsung, barang-barang mewah kepada orang, badan atau badan hukum mana pun di Rusia atau untuk digunakan di Rusia," kata Chanel dalam sebuah pernyataan.

Ini menyangkut produk senilai lebih dari 300 euro (US$328) – yang merupakan mayoritas hasil desain Chanel.

"Kami telah meluncurkan proses untuk meminta klien yang kami tidak tahu tempat tinggal utama untuk mengonfirmasi bahwa barang yang mereka beli tidak akan digunakan di Rusia," kata Chanel, tanpa merinci seperti apa proses itu.

Ini adalah tindakan yang sulit untuk ditegakkan, tetapi beberapa influencer media sosial Rusia telah mengatakan bahwa mereka dimintai identitas dan ditolak untuk membeli barang di butik Chanel dari Paris hingga Uni Emirat Arab.

Sosialita Rusia, Anna Kalashnikova mengatakan pekan lalu bahwa dia telah melihat "Russophobia beraksi" setelah tidak diizinkan untuk membeli anting-anting dan tas Chanel di sebuah outlet di Dubai.

Pengamat fesyen mengatakan, keputusan Chanel tidak akan mudah karena mereka akan menerima pukulan finansial. "Ini berani untuk Chanel – ini hampir belum pernah terjadi sebelumnya. Rumah ini mengutamakan prinsip-prinsipnya," kata Long Nguyen, kritikus fesyen terkemuka.

"Rusia adalah salah satu pasar mewah terbesar mereka, dan Chanel pasti akan menderita secara finansial dari pilihan ini. Tapi itu juga politis untuk merek karena ingin menarik klien Gen Z yang sebagian besar menentang perang," sambungnya.

Nguyen mengatakan langkah Chanel mewakili lebih dari sekadar penerapan undang-undang sanksi.

Qing Wang, profesor pemasaran dan inovasi di Warwick Business School dan pakar merek mewah, mengatakan, "Mengambil sikap politik yang berani seperti ini bukannya tanpa risiko."

Ia mengutip penelitian oleh perusahaan PR Clutch yang menemukan bahwa konsumen umumnya berpikir bahwa merek harus tetap diam dalam masalah politik.

"Hampir dua pertiga dari mereka yang disurvei (63 persen) mengatakan mereka kemungkinan akan terus berbelanja di bisnis yang tidak membahas masalah yang mereka pedulikan," kata Wang dalam sebuah pernyataan.

"Opini sebenarnya dari orang-orang tentang apakah tindakan Chanel pantas, atau langkah yang terlalu jauh yang berbatasan dengan Russophobia (yang dapat merusak merek), masih harus dilihat," sambungnya.

Dua retail raksasa asal Paris, LVMH dan Kering Group tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang apakah mereka juga berencana untuk mengekang penjualan ke Rusia.

KEYWORD :

Chanel Invasi Rusia ke Ukraina Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :