Minggu, 19/05/2024 21:38 WIB

Menang Pemilu, PM Hungaria Kecam Zelensky dan Uni Eropa

Viktor Orban kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Hungaria untuk masa jabatan keempat, pasca memastikan kemenangan dari lawan politiknya.

PM Hungaria, Viktor Orban (Foto: BBC)

Budapest, Jurnas.com - Viktor Orban kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Hungaria untuk masa jabatan keempat, pasca memastikan kemenangan dari lawan politiknya.

Partai sayap kanan, Fidesz, memperoleh 53,1 persen suara dengan 98 persen penghitungan selesai, menurut hasil awal. Aliansi oposisi yang dipimpin oleh Peter Marki-Zay jauh tertinggal dengan 35 persen.

Dalam pidato kemenangannya, dikutip dari BBC pada Senin (4/4), Orban mengkritik birokrat Brussel dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menyebut mereka "lawan".

"Ini adalah kemenangan besar," kata Orban kepada para pendukung yang bergembira di ibu kota Budapest, pada Minggu malam.

"Mereka bisa melihatnya dari Bulan, tapi tentu saja dari Brussel juga," lanjut dia.

Hungaria berbatasan dengan Ukraina dan sejauh ini telah menampung lebih dari setengah juta pengungsi. Orban menegaskan bahwa dengan membantu orang-orang, tetapi menolak untuk memasok senjata ke Ukraina, dia menjauhkan Hungaria dari perang. Namun, hal ini dikritik oleh Zelensky.

Kantor Pemilihan Nasional mengatakan Fidesz akan memiliki 135 kursi, dua pertiga mayoritas, dan aliansi oposisi akan memiliki 56 kursi menurut hasil awal.

Orban diketahui memiliki hubungan yang unik dengan Uni Eropa, yang menganggap bahwa Fidesz telah merusak lembaga-lembaga demokrasi Hungaria.

Selama 12 tahun berkuasa, Orban telah menulis ulang konstitusi, mengisi pengadilan tinggi dengan orang-orang yang ditunjuknya, dan mengubah sistem pemilihan untuk keuntungannya. Selama kampanye, slogan oposisi adalah "Orban atau Eropa".

Sementara itu, politisi oposisi, Peter Marki-Zay berpendapat bahwa Hungaria harus bergabung dengan Polandia, Inggris, dan lainnya dalam memasok senjata ke Ukraina. Dan jika dipanggil, harus mempertimbangkan untuk mengirim pasukan.

Oposisi mengeluh Fidesz mengisolasi Hungaria dari arus utama Eropa, dan dari demokrasi, keadilan, dan kesopanan berdasarkan konsensus.

KEYWORD :

Viktor Orban Hungaria Perdana Menteri Volodymyr Zelensky Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :