Selasa, 30/04/2024 08:35 WIB

Sebut Putin Penjahat Perang, Rusia Tak Maafkan Joe Biden

Tuduhan Biden muncul setelah Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan, pasukan Rusia menjatuhkan bom kuat di sebuah teater di kota pelabuhan selatan Mariupol yang terkepung.

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto Reuters)

Moskow, Jurnas.com - Pemerintah Rusia mengatakan, pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menyebut pemimpin Rusia Vladimir Putin sebagai penjahat perang tidak dapat dimaafkan.

Tuduhan Biden muncul setelah Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan, pasukan Rusia menjatuhkan bom kuat di sebuah teater di kota pelabuhan selatan Mariupol yang terkepung, menyebabkan banyak warga sipil terjebak dan jumlah korban yang tidak diketahui.

Menurut Human Rights Watch (HRW) teater itu telah menampung setidaknya 500 warga sipil. "Dia adalah penjahat perang," kata Biden kepada wartawan, menggambarkan Putin.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyebut pernyataan presiden AS sebagai "retorika yang tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan dari kepala negara yang bomnya telah menewaskan ratusan ribu orang di seluruh dunia", menurut kantor berita negara Rusia TASS.

Kementerian pertahanan Rusia membantahnya menargetkan teater, sebaliknya mengklaim bangunan itu telah ditambang dan diledakkan oleh anggota Batalyon Azov sayap kanan Ukraina, kata kantor berita RIA.

Maxar Technologies, sebuah perusahaan swasta AS, mendistribusikan citra satelit yang katanya dikumpulkan pada 14 Maret dan menunjukkan kata anak-anak dalam tulisan besar Rusia yang dilukis di tanah di luar teater.

"Ini menimbulkan kekhawatiran serius tentang apa target yang dimaksud di kota di mana warga sipil telah dikepung selama berhari-hari dan telekomunikasi, listrik, air, dan pemanas hampir sepenuhnya terputus," kata Belkis Wille dari HRW.

Kedutaan AS di Kyiv, sementara itu, mengatakan pasukan Rusia menembak mati 10 orang yang mengantre untuk mendapatkan roti di Chernihiv, timur laut Kyiv. Rusia membantah serangan itu dan mengatakan insiden itu bohong.

Investigasi atas tindakan Putin di Ukraina telah dimulai.

AS dan 44 negara lainnya bekerja sama untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran dan pelanggaran setelah disahkannya resolusi Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membentuk komisi penyelidikan.

Ada penyelidikan lain oleh Pengadilan Kriminal Internasional, sebuah badan independen yang berbasis di Belanda.

Pengadilan tinggi PBB untuk perselisihan antar negara memerintahkan Rusia pada Rabu untuk segera menghentikan operasi militernya di Ukraina, dengan mengatakan pihaknya "sangat prihatin" dengan penggunaan kekuatan Moskow.

Pertempuran di Ukraina telah menyebabkan lebih dari tiga juta orang meninggalkan Ukraina, perkiraan PBB. Jumlah korban tewas masih belum diketahui, meskipun Ukraina mengatakan ribuan warga sipil telah tewas.

Putin pada pertemuan pemerintah yang disiarkan televisi bersikeras bahwa invasi itu berkembang dengan sukses, menambahkan "kami tidak akan membiarkan Ukraina menjadi batu loncatan untuk tindakan agresif terhadap Rusia."

KEYWORD :

Amerika Serikat Vladimir Putin Joe Biden Penjahat Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :