Selasa, 30/04/2024 11:18 WIB

Ukraina Sebut Situasi di Mariupol Kritis

Mariupol sekarang benar-benar dikepung, dan pejabat Ukraina menuduh Rusia sengaja mencegah warga sipil keluar dan menghentikan konvoi kemanusiaan masuk.

Buntut dari penembakan artileri Rusia di daerah perumahan di Mariupol di mana sebuah roket menghantam sebuah rumah, menurut Angkatan Bersenjata Ukraina, selama invasi Rusia ke Ukraina, di Mariupol, Ukraina, terlihat dalam tangkapan layar ini dari video yang diunggah di sosial media pada 10 Maret 2022. Angkatan Bersenjata Ukraina/Handout via Reuters

LVIV, Ukraina, Jurnas.com -  Ukraina mengatakan situasi di Mariupol sekarang kritis ketika pasukan Rusia memperketat ikatan mereka di sekitar kota pelabuhan Laut Hitam dan jumlah korban tewas dari penembakan Rusia dan blokade 12 hari mencapai hampir 1.600.

Dikutip dari Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia dikutip oleh kantor berita Tass mengatakan Mariupol sekarang benar-benar dikepung, dan pejabat Ukraina menuduh Rusia sengaja mencegah warga sipil keluar dan menghentikan konvoi kemanusiaan masuk.

Penembakan Rusia mencegah para pengungsi meninggalkan kota itu lagi pada Jumat. Di tempat lain, pasukan Rusia juga menghentikan beberapa bus orang yang mencoba melarikan diri dari wilayah Kyiv, kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk dalam sebuah pidato video.

Penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Vadym Denysenko menyatakan keraguan bahwa upaya terbaru untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Mariupol akan berhasil, dan upaya baru untuk mengevakuasi warga sipil tampaknya telah gagal.

"Situasinya kritis," kata Denysenko.

Dewan kota mengatakan 1.582 warga sipil telah tewas di Mariupol sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam "operasi khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan menggulingkan para pemimpin yang disebut neo-Nazi.

Penduduk Mariupol, kota penting yang strategis dengan lebih dari 400.000 penduduk di masa damai, telah tanpa listrik atau air selama lebih dari seminggu. Upaya mengatur gencatan senjata lokal dan jalan keluar yang aman telah gagal, dengan masing-masing pihak saling menyalahkan.

Para pejabat di Mariupol mengatakan penembakan Rusia tidak henti-hentinya pada hari Jumat. Tass mengutip kementerian pertahanan Rusia yang mengatakan semua jembatan dan jalan menuju Mariupol telah dihancurkan atau ditambang oleh pasukan Ukraina.

Tiga orang tewas dalam serangan yang menghancurkan sebuah rumah sakit di Mariupol minggu ini, kata para pejabat Ukraina, dan persediaan telah menipis selama berhari-hari.

"Seluruh dunia harus bersatu untuk menyelamatkan Mariupol. Kota ini adalah bencana kemanusiaan. Orang mati bahkan tidak dimakamkan di sini," kata Maksym Zhorin, mantan komandan milisi sayap kanan yang dikenal sebagai Batalyon Azov yang berada di kota itu. .

Di antara mereka yang terperangkap di Mariupol adalah 86 warga Turki, termasuk 34 anak-anak, yang berlindung di sebuah masjid, kata pihak berwenang Ukraina.

KEYWORD :

Mariupol Ukraina Invasi Rusia Operasi Khusus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :