Minggu, 12/05/2024 18:34 WIB

Anggota DPR: Pemerintah Harus Segera Ambil Kebijakan Atasi Lonjakan Harga Daging

Mogoknya para pedagang akibat harga daging sapi yang melonjak hingga mencapai Rp 15.000 per kilogram harus segera disikapi, sebab daging sapi ini merupakan komoditas pangan strategis yang permintaannya terus meningkat setiap tahun.

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKS, Johan Rosihan. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah harus segera mengambil kebijakan untuk mengatasi lonjakan harga daging sapi di tanah air.

Hal itu sebagaimana diutarakan Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan kepada wartawan, Jumat (4/3).

Menurut dia, Pemerintah mesti mendengar aspirasi dari para peternak dan pedagang agar kebijakan intervensi dapat tepat dan jitu untuk mengendalikan harga daging sapi.

“Mogoknya para pedagang akibat harga daging sapi yang melonjak hingga mencapai Rp 15.000 per kilogram harus segera disikapi, sebab daging sapi ini merupakan komoditas pangan strategis yang permintaannya terus meningkat setiap tahun,” ujar Johan.

Untuk mengatasi gejolak harga daging, Politikus PKS ini mendesak pemerintah untuk menghentikan ketergantungan impor dan melakukan pengembangan sapi lokal terutama di wilayah timur Indonesia.

“Banyak daerah seperti di Sumbawa, Bima dan lain-lain yang sangat cocok untuk pengembangan sapi secara ekstensif karena tersedia lahan yang luas dan cocok untuk memelihara sapi,” tegas Johan.

Dia menekankan, penyebab dari terus bergejolaknya harga daging setiap tahun karena rendahnya pertumbuhan sapi lokal dibandingkan dengan pertumbuhan konsumsi daging sapi secara nasional.

“Selain itu, meningkatnya harga daging disebabkan karena ketergantungan terhadap impor bakalan sebagai sumber utama pasokan daging segar,” paparnya.

Legislator dari Pulau Sumbawa ini meminta pemerintah segera mengatasi masalah ini terutama untuk memenuhi permintaan pasar dengan harga yang stabil.

“Harus ada kebijakan penetapan hambatan perdagangan untuk mengurangi dampak negatif dari kebijakan impor daging yang malah terus meningkat,” usul Johan.

Pemicu melonjaknya harga daging sapi adalah meningkatnya harga sapi bakalan yang diimpor dari Australia.

Oleh karena itu, lanjut Johan, harus ada keberanian berupa kebijakan untuk menurunkan volume impor sapi bakalan dan daging sapi melalui peningkatan produksi daging sapi lokal tanpa menguras populasi sapi potong lokal yang dapat menganggu keberlanjutan usaha ternak sapi potong.

Legislator Senayan ini mengusulkan agar pemerintah berani membuat terobosan untuk memajukan peternakan sapi di tanah air melalui peningkatan teknologi dalam negeri serta memberikan penurunan suku bunga kredit bagi semua peternak rakyat di bidang usaha peternakan.

“Dukungan kebijakan dari pemerintah sangat ditunggu oleh para peternak dan pelaku usaha peternakan untuk peningkatan daya saing peternakan nasional menuju kemandirian pangan nasional,” demikian Johan Rosihan.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IV PKS Johan Rosihan daging sapi impor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :