Rabu, 22/05/2024 10:26 WIB

Konvoi Tentara Rusia Terlihat di Utara Kyiv

Pasukan itu menutupi seluruh bentangan jalan dari dekat bandara Antonov, sekitar 30 km dari ibu kota, ke kota Prybirsk atau jarak sekitar 64 km.

Citra satelit Maxar yang diambil dan dirilis pada 28 Februari 2022 ini menunjukkan bagian dari konvoi militer di selatan Ivankiv, Ukraina. Citra satelit © 2022 Maxar Technologies/AFP

WASHINGTON, Jurnas.com - Hasil citra satelit menjukkan konvoi besar militer Rusia yang membentang sekitar 64 km di utara Kyiv, ibukota Ukraina pada Senin (28/2).

Hasil foto satelit Maxar Technologies, yang merupakan perusahaan Amerika Serikat (AS), menunjukkan bahwa konvoi yang telah berkumpul sejak Minggu menjamur hingga lebih dari 64 km kendaraan militer.

Dikutip dari AFP, dikatakan pasukan itu menutupi seluruh bentangan jalan dari dekat bandara Antonov, sekitar 30 km dari ibu kota, ke kota Prybirsk atau jarak sekitar 64 km.

Maxar mengatakan bahwa di sepanjang bagian rute, beberapa kendaraan berjarak cukup jauh sementara di bagian lain peralatan dan unit militer melaju dua atau tiga kendaraan sejajar di jalan.

"Sejumlah rumah dan bangunan terlihat terbakar di utara dan barat laut Ivankiv, dekat jalan yang dilalui konvoi," tambahnya.

Maxar mengatakan satelitnya juga telah menangkap gambar penempatan pasukan darat tambahan dan unit helikopter serangan darat di Belarus selatan, kurang dari 32 km utara perbatasan dengan Ukraina.

Sejak dimulainya serangan Rusia pada Kamis, pasukan Ukraina telah mempertahankan jalan menuju pusat Kyiv dari serangan oleh pasukan Rusia yang berkumpul di sekitar ibu kota.

Menurut dua sumber yang diwawancarai  AFP pada Senin, satu diplomatik dan yang lainnya seorang pejabat keamanan, Moskow sedang bersiap untuk meluncurkan serangan militer baru dalam waktu dekat.

Halaman resmi Staf Umum Angkatan Darat Ukraina di Facebook mengatakan, pasukan Rusia berkumpul selama 24 jam terakhir dan mengumpulkan kendaraan lapis baja dan senjata artileri terutama untuk mengepung dan menguasai Kyiv dan kota-kota besar lainnya di Ukraina.

KEYWORD :

konvoi besar militer Rusia Ukraina Amerika Serikat Utara Kyiv




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :