Rabu, 15/05/2024 07:18 WIB

Baristan Tuban Gelar Istighosah dan Deklarasi Cak Imin Presiden 2024

Tuban Kobarkan Semangat Cak Imin Capres 2024

Istighosah Tani dan Baristan Tuban dukung Cak Imin Capres 2024

Tuban, Jurnas.com - Masyarakat Tuban dikenal memiliki semangat Laskar Ronggolawe yang tercatat dalam sejarah nusantara. Tuban juga disebut Bumi Wali yang wilayahnya memiliki beragam potensi.

Di wilayah inilah, digelar istighosah sekaligus deklarasi mendukung Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin beken Cak Imin) sebagai Calon Presiden 2024 atau Cak Imin Capres 2024.

Kabupaten Tuban merupakan wilayah Jawa Timur yang Paling Barat di Pesisir Pantai Utara Jawa. Sebagian Besar Wilayah Kabupaten Tuban Merupakan daerah pegunungan satu jalur dengan pegunungan kendeng di Jawa Tengah, sehingga mempunyai banyak potensi bebatuan maupun meneral lain yang memungkinkan untuk kegiatan ekplorasi pertambangan.

30 persen areal pertanian di Tuban merupakan daerah tegalan yang berada di pegunungan sedang yang 20 persen adalah areal persawahan padi yang berada di sekitar bengawan solo yang rawan terdampak banjir di saat musim penghujan.

Sekilas dari gambaran tersebut Petani di tuban sangat rawan mengalami gagal panen baik di daerah pegunungan maupun di daearah persawahan.

Petani yang di pegunungan selain terancam tidak bisa melanjutkan aktifitas pertaniannya karena adanya aktifitas Tambang juga terancam gagal panen di saat musim kemarau yang mengalami kekeringan ekstrim.

Di daeah persawahan kususnya di sekitar bengawan solo petani Tuban juga terancam mengalami gagal panen akibar sawahnya yang terkena banjir di saat musim penghujan.

Dari permasalahan ini perlu adanya dukungan pemerintah pusat maupun daerah agar petani mendaparkan perlindungan ekstra dan program pemberdayaan untuk mengurangi resiko kerugian yang dialami petani dalam bercocok tanam.

Meskipun Kabupaten secara alam memiliki banyak masalah kabupaten tuban masih menjadi salah satu wilayah penting penghasil Produksi pangan di Jawa Timur yaitu kmoditas Padi dan Jagung.

Secara umum petani Tuban juga mempunyai masalah yang sama dengan Kabupaten lain yaitu masalah Ketergantungan dan Kelangkaan Pupuk Subsidi dari Pemerintah.

Dalam menyikapi masalah politik Petani Tuban yang tergabung dalam Barisan Tani Nelayan (Baristan) Muhaimin Presiden 2024 Kabupaten Tuban melakukan Istighosan dan Sekaligus Deklarasi Mendukung Cak Imin Menjadi Presiden 2024.

Dalam Istighosah tersebut Petani Bumi Wali mendoakan Cak Imin agar diberikan kemenangan dalam Pilpres yang akan datang.

Petani Tuban sangat yakin Jika Cak Imin bisa Menjadi Pemimpin yang mampu mrngyomi Rakyat Kecil Kususnya Petani karena Cak Imin sudah terdidik sebagai santri yang selalu menjadi Dekat dengan masyarakat pedesaan.

Deklarasi:

1. Kami Petani Kabupaten Tuban menyatakan bergabung dalam Barisan Petani dan Nelayan (BARISTAN) Muhaimin Iskandar Presiden 2024.

2. Siap mendukung dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menjadikan Cak Imin Presiden 2024.

3. Kami yakin Cak imin bisa membantu Petani dalam semua masalah yang selama ini dialami Petani.

4. Kami yakin Cak Imin Membawa Negara NKRI menjadi negara yang lebih maju, Berdaulat,Toleran, Demokratis dan Negara yang mampu mengayomi Rakyatnya.

Koordinator BARISTAN Kabupaten Tuban
M. Arifin

KEYWORD :

Laskar Ronggolawe Baristan Petani Cak Imin Capres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :