Jum'at, 10/05/2024 14:13 WIB

Dua Negara Mundur dari Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Inggris Raya dan Republik Irlandia menarik diri dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Kedua negara berencana untuk mengajukan tawaran resmi untuk tuan rumah Euro 2028.

Tropi Piala Dunia (Foto: Doknet)

London, Jurnas.com - Inggris Raya dan Republik Irlandia menarik diri dari pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030. Kedua negara berencana untuk mengajukan tawaran resmi untuk tuan rumah Euro 2028.

Dewan FIFA akan memeriksa proposal untuk tugas menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 pada pertemuan kongres pada 31 Maret, yang akan melihat semua 211 anggota memberikan suara.

Inggris hanya menerima dua suara saat mengajukan penawaran untuk turnamen 2018 pada 2010, dan telah memutuskan untuk tidak mengajukan tawaran baru demi bergabung dengan tiga negara Inggris lainnya untuk menjadi penyelenggara Euro.

"Mengikuti studi kelayakan yang luas, yang menilai peluang potensial dalam sepak bola internasional, asosiasi sepak bola Republik Irlandia, Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales telah sepakat untuk fokus pada upaya untuk menjadi tuan rumah EURO 2028, acara olahraga terbesar ketiga di dunia," demikian pernyataan Asosiasi Sepak Bola Irlandia dikutip dari Goal pada Senin (7/2).

"Studi kelayakan termasuk analisis dampak ekonomi, lanskap sepak bola politik dan kemungkinan biaya menjadi tuan rumah turnamen internasional besar. Pada keseimbangan, lima asosiasi telah memutuskan untuk hanya fokus pada tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah EURO 2028, dan telah setuju untuk tidak melakukan tawaran untuk Piala Dunia FIFA 2030," sambungnya.

"Menjadi tuan rumah EURO menawarkan pengembalian investasi yang serupa, dengan turnamen Eropa membawa biaya pengiriman yang jauh lebih rendah dan potensi keuntungan yang direalisasikan lebih cepat."

Inggris menjadi tuan rumah delapan pertandingan Euro 2020 di Wembley musim panas lalu, termasuk semifinal dan final yang kalah adu penalti dari The Three Lions melawan Italia.

Irlandia, Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales harus mengkonfirmasi minat mereka dalam tawaran bersama untuk Euro 2028 pada 23 Maret, dengan semua penawar resmi kemudian ditetapkan untuk dikonfirmasi pada 5 April.

UEFA yang sedang mempertimbangkan untuk memperluas jumlah tim Kejuaraan Eropa menjadi 32 tim, akan mengumumkan tuan rumah turnamen pada September mendatang.

KEYWORD :

Piala Dunia 2030 Inggris Raya Irlandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :