Minggu, 19/05/2024 18:23 WIB

Erick Apresiasi Pertamina Luluskan 556 UMK Naik Kelas

Kami harap Pertamina terus berikhtiar untuk mendukung UMKM menjadi tangguh dan mandiri, sesuai dengan misi BUMN melalui program pendanaan UMK.

Menteri BUMN Erick Thohir. (Jurnas/Humas Pertamin)

Jakarta, Jurnas.com - Pertamina terus berikhtiar untuk mendukung UMKM menjadi tangguh dan mandiri, sesuai dengan misi BUMN melalui program pendanaan UMK. Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi capaian PT Pertamina (Persero) meluluskan 556 mitra usaha mikro dan kecil (UMK) binaan naik kelas pada 2021.

"Kami mengucapkan selamat kepada Pertamina pada kegiatan UMK Academy 2021 yang telah meluluskan 556 mitra binaan menjadi UMK naik kelas. Selain itu, upayanya dalam membina UMK binaannya yang tersebar di seluruh Indonesia juga patut terus didukung,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/2).

Erick juga berpesan Pertamina terus konsisten mendukung peningkatan produktivitas UMK, sehingga bisa menjadikan UMK dalam negeri menjadi berdikari dan unggul.

"Kami harap Pertamina terus berikhtiar untuk mendukung UMKM menjadi tangguh dan mandiri, sesuai dengan misi BUMN melalui program pendanaan UMK. Terakhir, terus dukung produk UMKM anak bangsa dan dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," katanya.

Jumlah UMK naik kelas Pertamina meningkat secara signifikan hingga akhir 2021. Mitra binaan lulus itu terdiri atas empat kelas yakni Go Modern sebanyak 25 UMK, Go Digital 323 UMK, Go Online 154 UMK, dan Go Global 54 UMK.

Pertamina berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk menyukseskan acara ini, di antaranya MarkPlus Institute, Kementerian Perdagangan, Lembaga Konsultasi HAKI Indonesia (LKHI), Blibli.com, Sucofindo, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta Mitra Tour & Travel (MTT).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengucapkan selamat kepada 556 UMK yang telah naik kelas melalui ajang UMK Academy. Para UMK ini layak naik kelas setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan intensif selama kurun waktu enam bulan.

"Selain dikemas dengan nuansa penuh edukasi, kegiatan ini juga kami susun sebagai ajang silaturahmi bagi para mitra binaan Pertamina, sehingga dapat saling mendukung untuk terus maju dan membuat UMKM Indonesia lebih dikenal secara luas hingga mancanegara," katanya.

Ratusan UMK tersebut naik kelas setelah memenuhi kriteria di antaranya, adanya peningkatan jumlah pegawai, peningkatan nilai pinjaman, peningkatan kapasitas produksi, peningkatan omzet, pelibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk, pemasaran produk di luar kota/negeri, memperoleh sertifikat nasional/internasional.

Melalui program PUMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi.Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (sustainable development goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (environmental, social, and governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

KEYWORD :

Erick Thohir Apresiasi Pertamina Luluskan 556 UMK Naik Kelas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :